Pengembangan Emotional Spiritual Qoutient (ESQ) Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan.

Fitria, Kholida Nur (2018) Pengembangan Emotional Spiritual Qoutient (ESQ) Siswa Melalui Kegiatan Keagamaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kholida Nur Fitria_084144047.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : ESQ, Kegiatan Keagamaan Berkenaan dengan pengembangan potensi siswa, diperlukan sebuah program kesiswaan yang menyeimbangkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ). Dengan mengembangkan ESQ melalui kegiatan keagamaan, maka siswa akan diajak menemukan kebahagiaan lain yaitu spiritual happiness, sehingga hidup menjadi lebih bermakna dan bernilai (meaning & values). Berdasarkan fenomena di atas, MIN 03 Jember dalam setiap program-program kesiswaan bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual (ESQ) siswa. Fokus penelitian ini adalah 1) bagaimana pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa melalui kegiatan keagamaan hablum minallah di MIN 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018 2) bagaimana pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa melalui kegiatan keagamaan hablum minannas di MIN 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini 1) untuk mendeskripsikan pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa melalui kegiatan keagamaan hablum minallah di MIN 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018 2) untuk mendeskripsikan pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa melalui kegiatan keagamaan hablum minannas di MIN 03 Jember tahun pelajaran 2017/2018 Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah; Wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan langkah-langkah yaitu, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan, keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa dibagi menjadi empat rangkaian kegiatan keagamaan hablum minallah yaitu harian, mingguan, bulanan serta tahunan. Kegiatan ini dimulai sebelum kegiatan pembelajaran, peserta didik secara rutin melaksanakan kegiatan sholat dhuha berjamaah serta menghafal asmaul husna. Sebelum pembelajaran dimulai, dibiasakan untuk membaca do’a dan dilanjutkan dengan BTQ untuk kelas rendah. Pada akhir pembelajaran ditutup dengan kegiatan sholat dhuhur berjamaah. Kegiatan mingguan yang dikembangkan adalah jum’at beramal, sedangkan kegiatan bulanan adalah pengembangan ESQ melalui tausiyah. Dan yang terakhir kegiatan tahunan adalah kegiatan keagamaan yang berkaitan dengan PHBI 2) pengembangan emotional spiritual quotient (ESQ) siswa dibagi menjadi empat rangkaian kegiatan keagamaan hablum minannas bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi insan yang memiliki kepekaan terhadap sesama. Rangkaian kegiatan ini meliputi kegiatan kemanusiaan yang terdiri dari pembiasaan patuh terhadap guru, bersedekah, berta’ziyah dan home visit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:32
Last Modified: 12 Apr 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22300

Actions (login required)

View Item View Item