Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018

Winarsih, Ms (2018) Pembelajaran Aqidah Akhlak Dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Winarsih_084144036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman sebagai lembaga pendidikan yang mempunyai tugas setara dengan sekolah atau Madrasah lain yang melakukan perbaikan pembelajaran khususnya pada mata pembelajaran Aqidah Akhlak dengan cara pengintegrasian dan internalisasi nilai-nilai Aqidah Akhlak di dalam hidup dan kehidupan para peserta didik, yang pada gilirannya merupakan bekal berharga baginya untuk membangun diri sendiri dan bangsa sesuai dengan yang kami harapkan bersama sebagaimana yang tercantum dalam visi dan misi Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum, untuk mencapai tujuan tersebut Madrasah Ibtidaiyah ini banyak melakukan trobosan diantaranya penyelesaian kurikulum pendidikan yang mampu menjawab kebutuhan dimasa depan, penyelengaraan pembelajaran yang lebih diorientasikan pada nilai-nilai yang benar-benar terinternalisasi dalam kepribadian dan kehidupan peserta didik sehingga berkemampuan nyata untuk mengidentifikasi masalah serta mencari solusi untuk pemecahan masalah-masalah. Sehingga dengan ini, pembelajaran di Madrasah ini meraih image dalam masyarakat sebagai salah satu Madrasah faforit disamping seni dan nilai-nilai agama di Madrasah. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1. Bagaimana perencanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa? 2. Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa? 3. Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Aqidah Akhlak dalam Menumbuhkan Kedisiplinan Siswa di MI Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018?.Tujuan 1. Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa 2. Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa 3. Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran aqidah akhlak dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso tahun pelajaran 2017/2018 Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kaulitatif deskriptif. Dengan jenis penelitian lapangan (field Research). Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, interview dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso guru telah menerapkan RPP dan silabus yang dapat membawa peserta didik meraih kompetensi dasar yang menjadi titik tujuan. 2) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak dalam menumbuhkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Bustanul Ulum Pekauman Grujugan Bondowoso telah diterapkan materi dan media. 3) Evaluasi yaituterjadi dalam 2 macam yaitu evaluasi formatif dan evaluasi sumatif. Kata kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:32
Last Modified: 12 Apr 2023 06:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item