Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard pada Perusahaan BUMN (Go Public) Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022

Wardah, Yeni Alfia (2023) Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balanced Scorecard pada Perusahaan BUMN (Go Public) Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI_YENI ALFIA WARDAH REV.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yeni Alfia Wardah, 2023: Analisis Pengukuran Kinerja Perusahaan dengan Menggunakan Metode Balance Scorecard pada Perusahaan BUMN (Go Public) Sektor Farmasi di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2018-2022.

Kata Kunci: Kinerja, Balance Scorecard

Di era globalisasi saat ini, faktor yang terpenting dalam perusahaan adalah penilaian dan pengukuran kinerja untuk dapat melihat kinerjanya. Ada beberapa perusahaan yang mengalami penurunan kinerja, diantaranya dari sektor farmasi perusahaan BUMN (Go Public) di bursa efek indonesia. Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk memperbaiki kinerja yaitu melakukan penilaian dan pengukuran kinerja. Manajemen perusahaan tersebut membutuhkan suatu metodologi penilaian dan pengukuran kinerja yang lebih lengkap yaitu balanced scorecard.
Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah Bagaimana kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balance scorecard pada perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi di bursa efek indonesia (BEI) Periode 2018-2022?
Tujuan penelitian ini untuk menilai kinerja perusahaan dengan menggunakan metode balance scorecard pada perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi di bursa efek indonesia (BEI) Periode 2018-2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan metode kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Perolehan sampel sebanyak 38 data laporan keuangan triwulan yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi data sekunder. Analisis data yang digunakan yaitu perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proses bisnis internal perspektif pertumbuhan dan pembelajaran.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: Hasil kinerja perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi pada periode 2018-2022 menggunakan metode balance scorecard yaitu 1) Perspektif keuangan pada perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi dinilai kinerja kurang baik dikarenakan nilai NPM, ROE dan ROA yang masih di bawah standar yang mendominasi mengalami penurunan. 2) Perspektif pelanggan pada perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi dinilai sangat baik dikarenakan nilai kas pelanggan mendominasi mengalami peningkatan yang termasuk dalam kinerja sangat baik. 3) Perspektif proses bisnis intenal perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi dinilai sangat baik dikarenakan nilai operating profit mendominasi mengalami peningkatan dikategorikan dalam kinerja sangat baik. 4) Perspektif pertumbuhan dan pembelajaran pada perusahaan BUMN (go public) sektor farmasi dinilai kurang baik dikarenakan nilai produktivitas karyawan mendominasi mengalami penurunan dikategorikan dalam kinerja kurang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1403 Econometrics > 140302 Econometric and Statistical Methods
Depositing User: Mrs Yeni Alfia Wardah
Date Deposited: 12 Apr 2023 07:08
Last Modified: 12 Apr 2023 07:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22310

Actions (login required)

View Item View Item