Media Pembelajaran Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Arifillah, M. Sulthon (2017) Media Pembelajaran Multimedia Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
M. Sulthon Arifillah_084134014.pdf

Download (4MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01 merupakan salah satu lembaga yang menerapkan media pembelajaran multimedia dalam kegiatan pembelajarannya. Dalam penggunaannya selain membuat guru menjadi lebih mudah dalam menjelaskan materi, media pembelajaran ini juga dapat memudahkan siswa dalam menerima materi pelajaran sehingga siswa menjadi lebih antusias dalam menerima pelajaran. Ini disebabkan karena penggunaan media pembelajaran multimedia yang dapat meningkatkan semangat dan motivasi belajar siswa. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimanakah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan media pembelajaran multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi penerapan media pembelajaran multimedia untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Serut 01, Desa Serut, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Dalam penelitian ini, data dianalisis dengan menggunakan deskriptif reflektif yang kemudian disajikan dengan menggunakan tiga metode yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi guna untuk menggali informasi yang berkaitan dengan fokus penelitian. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini berdasarkan fokus penelitian yaitu sebagai berikut: perencanaan penerapan multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa adalah dengan mempersiapkan RPP yang disesuaikan dengan tujuan dan materi pelajaran. Selain itu media multimedia yang dipersiapkan harus memenuhi kriteria dan karakteristik penggunaan media pembelajaran multimedia. Pelaksanaan penerapan media pembelajaran multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu materi yang ditampilkan dalam media pembelajaran multimedia telah diperhitungkan oleh guru dengan mengemas materi semenarik mungkin dengan menampilkan beberapa gambar dan video dan ini dibuktikan dengan suasana pembelajaran yang kondusif dan pemanfaatan waktu yang efektif. Evaluasi penerapan media pembelajaran multimedia dalam meningkatkan motivasi belajar siswa yaitu dengan merefleksikan pelaksanaan pembelajaran dan hasil belajar siswa. Motivasi siswa menjadi meningkat dan ini dibuktikan dengan suasan pembelajaran yang efektif serta hasil belajar siswa yang tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:30
Last Modified: 12 Apr 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22317

Actions (login required)

View Item View Item