Penerapan Media Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dan Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Thoyyibul Barokah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Amalia, Nur Ika Dian (2017) Penerapan Media Tiga Dimensi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist dan Matematika dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Thoyyibul Barokah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Ika Dian Amalia_084 134 007.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Thoyyibul Barokah merupakan lembaga MI swasta yang terbilang masih baru sehingga sarana dan prasarana masih sangat terbatas. Namun, hal itu tidak membuat pendidik berhenti berkreasi dengan cara menghadirkan media pembelajaran tiga dimensi yang merupakan hasil dari ide, kreatif, dan keterampilan seorang guru dalam membuat suatu pembelajaran menyenangkan sehingga peserta didik termotivasi untuk belajar tanpa merasakan kejenuhan selama proses pembelajaran. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan media tiga dimensi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist dan Matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Toyyibul Barokah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?, Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi penerapan media tiga dimensi pada mata pelajaran AlQur’an Hadist dan Matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di Madrasah Ibtidaiyah Toyyibul Barokah Desa Karangharjo Kecamatan Silo Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan jika dilihat dari metode yaitu Deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/ verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah perencanaan penerapan media tiga dimensi mata pelajaran Al-Qur’an Hadits dan Matematika dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu menyediakan replika hijaiyah dan potongan gabus menjadi bangun datar sesuai ukurannya. Pendidik menyesuaikan materi, tujuan pembelajaran serta prinsip pembelajaran. Pendidik menggunakan media yang rapi, jelas, relevan dengan topik, penyajian yang menarik, praktis, luwes, dan tahan lama. Pelaksanaan penerapan media tiga dimensi dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu siswa diajak berinteraksi langsung dengan media pembelajaran media tiga dimensi, menghadirkan pembelajaran yang menyenangkan serta menghadirkan nuansa belajar sambil bermain dalam setiap proses pembelajaran dengan bantuan media tiga dimensi, bentuk dari replika hijaiyah dan media gabus jelas dan mudah dipahami sehingga siswa dapat memahami dengan mudah. Evaluasi penerapan media tiga dimensi dalam meningkatkan motivasi belajar yaitu tingkat antusias belajar siswa meningkat hal ini dibuktikan siswa kelas I hampir semuanya mendapatkan nilai baik. Beberapa siswa yang awalnya merasa takut dengan mata pelajaran matematika akhirnya juga mendapatkan nilai yang baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:30
Last Modified: 12 Apr 2023 06:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22318

Actions (login required)

View Item View Item