PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WIRAUSAHA MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR JAGUNG YANG BERADA DI DESA SELODAKON TANGGUL JEMBER

Yahya, Mohammad PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI WIRAUSAHA MAKANAN RINGAN DENGAN MENGGUNAKAN BAHAN DASAR JAGUNG YANG BERADA DI DESA SELODAKON TANGGUL JEMBER. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
pemberdayaan masyarakat 2.pdf

Download (684kB)

Abstract

Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul Jember adalah suatu wilayah potensial penghasil tanaman jagung, hal tersebut terbukti dari hasil survey desa. Melalui mapping peta transek terlihat bahwa desa Selodakon memiliki musim pertanian jagung yang cukup panjang selain kacang dan padi. Pada umumnya penduduk setelah panen jagung dijual begitu saja ke pengepul. Akan tetapi tidak semua jagung hasil panen mendapatkan harga yang tinggi sehingga jagung di sortir sesuai kaulitas dan kauntitas. Karena kualitas dari tanaman akanmempengaruhi nilai jualnya. Sampai saat ini umumnya pemanfaatan jagung hanya dikonsumsi dalam bentuk direbus ataupun digoreng, hal ini dikarenakan kurangnya pengetahuan dan ketrampilan tentang pengolahan makanan ringan berbahan dasar jagung. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, bahan pangan pasca panen yang melimpah seperti jagung dapat diolah menjadi variasi makanan yang menarik, sehingga dapat meningkatkan nilai jual dan memberikan nilai tambah dari komoditas jagung, dengan meningkatnya kreativitas makanan berbahan dasar jagung diharapkan dapat membuka peluang usaha baru, terutama masyarakat di Desa Selodakon, Kecamatan Tanggul, Jember, untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu memberdayakan masyarakat melalui wirausaha pembuatan makanan ringan berbahan dasar jagung. Adapun tujuan yang ingin dicapai dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah: 1. Meningkatkan pengetahuan peserta dalam pembuatan makanan ringan berbahan dasar jagung. 2. Mengasah ketrampilan masyarakat dengan cara pengelolahan makanan ringan berbahan dasar jagung. Hasil yang dicapai dalam kegiatan pelatihan ini dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan rencana, berdasarkan evaluasi kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berupa pelatihan Pemberdayaan Masyarakat Melalui Wirausaha Pembuatan Makanan Ringan Berbahan Dasar Jagung di Desa Selodakon Kecamatan Tanggul Jember melalui metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi oleh tim KKN Posko 142 UIN KHAS Jember, maka para peserta dapat memahami materi pelatihan. Sehingga melalui metode latihan atau praktek masyarakat membuat makanan ringan, adapun hasilnya 100 % dikatakan berhasil, hendaknya pelatihan tersebut dapatlah sebagai dasar pengetahuan dan keterampilan, yang selanjutnya dapat ditekuni dan dikembangkan menjadi salah satu alternatif untuk membuka usaha.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mohammad Yahya
Date Deposited: 12 Apr 2023 04:52
Last Modified: 12 Apr 2023 04:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22323

Actions (login required)

View Item View Item