Pembelajaran Baca Tulis Qur’an dalam Menunjang Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Khoir, Alfin Miftakhul (2018) Pembelajaran Baca Tulis Qur’an dalam Menunjang Pemahaman Siswa pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Alfin Miftakhul Khoir_084 144 032.pdf

Download (4MB)

Abstract

Membaca dan menulis Al-Qur’an merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki oleh individu muslim. Sedangkan mempelajari Al-Qur’an hukumnya adalah wajib atas semua umat Islam dan hendaknya ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Sesuai dengan Peraturan Daerah Kabupaten Jember No. 2 Tahun 2007 bahwa siswa MI harus mampu membaca dan menulis Al-Qur’an. Dan telah disesuaikan dengan materi-materi Al-Qur’an Hadis yang dominan membutuhkan kemampuan BTQ dalam proses pemahaman siswa. Sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember telah menerapkan kegiatan pembelajaran Baca Tulis Qur’an bagi siswa kelas I dan II. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran BTQ di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran BTQ dalam menunjang pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran BTQ di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember?. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan pembelajaran BTQ, pelaksanaan pembelajaran BTQ dalam menunjang pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis,dan evaluasi pembelajaran BTQ di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 03 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif yang masuk pada penelitian lapangan (Field Research). Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara tidak terstruktur, observasi partisipan pasif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis Miles dan Huberman yaitu, pengumpulan data, reduksi, dan penyajian data. Dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) perencanaan pembelajaran BTQ dalam menunjang pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis sesuai Peraturan Daerah Kabupaten Jember No. 2 Tahun 2007 bahwa setiap satuan pendidikan wajib melaksanakan pendidikan baca tulis Qur’an dan telah disepakati pihak madrasah menggunakan pedoman Dirosati, 2) pelaksanaan pembelajaran BTQ dalam menunjang pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dilakukan setiap hari Senin- Kamis berdurasi 60 menit. Metode yang digunakan adalah personality dan klasikal dan target kelas I dan II telah lulus semua jilid Dirosati dan target akhir adalah dapat menunjang serta meningkatkan pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an hadis siswa, 3) evaluasi pembelajaran BTQ dalam menunjang pemahaman siswa pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa adalah 1) tes formatif yang dilakukan setiap hari, 2) tes formatif dilakukan di akhir semester dan nilai BTQ siswa berpengaruh pada pemahaman mata pelajaran Al-Qur’an Hadis siswa di tiap semesternya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:37
Last Modified: 12 Apr 2023 06:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22328

Actions (login required)

View Item View Item