“Implementasi Pembelajaran Aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan Ke- NU-an dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”.

Fitriani, Laela (2017) “Implementasi Pembelajaran Aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan Ke- NU-an dalam Menanamkan Nilai-nilai Keagamaan Siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Jember Tahun Pelajaran 2017/2018”. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laela Fitriani_084134044.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sekolah Dasar Darus Sholah merupakan salah satu sekolah yang sudah menerapkan pembelajaran Aswaja dan ke-NU-an, karena sekolah tersebut bernuansa Islami dan berada di bawah yayasan Pondok Pesantren Darus Sholah. Awalnya sekolah ini tidak menerapkan pembelajaran Aswaja dan ke-NU-an, akan tetapi salah satu guru di sekolah tersebut memiliki keinginan untuk menerapkan pembelajaran aswaja dan ke-NU-an di sekolah. Alasan beliau ingin menerapkan pembelajaran aswaja dan ke-NU-an kepada anak-anak adalah karena di lembaga tersebut semua guru termasuk siswanya juga berkeyakinan Nahdlatul Ulama. Oleh karena itulah pembelajaran Aswaja dan ke-NU-an diterapkan di SD Darus Sholah. Pembelajaran Aswaja dan ke- NU-an di Sekolah dasar Darus Sholah ini lebih ditekankan kepada prakteknya. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018?, 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) Mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018, 3) Mendiskripsikan evaluasi pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan Sekolah Dasar Darus Sholah Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perencanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah yaitu dengan guru menyusun silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), 2) Pelaksanaan pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa di Sekolah Dasar Darus Sholah yaitu dengan melaksanakan pembelajaran secara klasikal berupa kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup serta melaksanakan pembelajaran secara non klasikal berupa kegiatan istighosah, hadrah dan shalawat, ziarah kubur, shalat berjamaah, tahlilan dan shalat dhuha, 3) Evaluasi pembelajaran aswaja (Ahlussunnah Wal Jamaah) dan ke-NU-an dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan siswa Sekolah Dasar Darus Sholah yaitu dengan menggunakan penilaian formatif berupa penilaian hafalan, tanya jawab dan ulangan harian serta penilaian sumatif berupa penilaian pada akhir semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:28
Last Modified: 12 Apr 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22330

Actions (login required)

View Item View Item