Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kurikulum 2013 Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vb di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017

Jazair, Miftahul (2017) Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kurikulum 2013 Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vb di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Miftahul Jazair_084 134 006.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kemampuan masing-masing siswa dalam belajar dan menerima materi berbeda-beda. Salah satunya ada yang kesulitan menerima materi yang berupa konsep. Oleh karena itu penggunaan metode pembelajaran yang bervariasi akan membantu guru dalam mengurangi hal tersebut. Penerapan metode demonstrasi di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung merupakan suatu upaya yang dilakukan oleh guru dalam mengembangkan pembelajaran dan membantu siswa dalam belajar agar lebih baik. Fokus penelitian dalam skripsi ini meliputi bagaimana penerapan metode demonstrasi pada Kurikulum 2013 muatan Ilmu Pengetahuan Alam kelas Vb di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017, serta apa saja faktor pendukung dan penghambatnya. Sesuai dengan fokus penelitian tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan metode demonstrasi pada Kurikulum 2013 muatan Ilmu Pengetahuan Alam kelas Vb di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017, serta mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambatnya. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif. Sedangkan untuk jenis penelitiannya adalah Penelitian Deskriptif karena penelitian ini ditujukan untuk mendapatkan informasi dan mendeskripsikan suatu keadaan atau kegiatan. Dalam hal ini yaitu penerapan metode demonstrasi pada Kurikulum 2013 Muatan IPA Kelas Vb dalam sebuah lembaga tertentu. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini sesuai dengan fokus yaitu sebagai berikut: Penerapan Metode Demonstrasi Pada Kurikulum 2013 Muatan Ilmu Pengetahuan Alam Kelas Vb di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Tutul Balung Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017 terdiri dari tiga tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada penerapan metode ini juga memiliki faktor pendukung di antaranya antusiasme siswa yang tinggi, tersedianya media dan semangat guru. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu Membutuhkan waktu yang lama dalam pelaksanaannya, Butuh dana yang cukup banyak untuk mempersiapkan bahan-bahannya, kemampuan guru dalam melaksanakannya atau sumber daya manusianya itu sendiri, media yang digunakan harus cocok dan terkadang sulit untuk didapatkan, dan tidak semua materi bisa di demonstrasikan. Solusi yang dilakukan misalnya menyediakan bahan-bahan yang akan digunakan jauh-jauh hari sebelum waktunya, guru mengikuti pelatihan khususnya mengenai kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:28
Last Modified: 12 Apr 2023 06:28
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22331

Actions (login required)

View Item View Item