Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Riska, Dwi Fitria (2018) Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education dalam Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro Kaliwates Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dwi Fitria Riska_084144026.pdf

Download (5MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Condro salah satu lembaga yang menerapkan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Mengingat bahwa Matematika merupakan aktivitas insani (human activity) dan harus dikaitkan dengan realitas maka kemampuan anak berpikir kritis dalam pembelajaran Matematika perlu dilatih untuk mempersiapkan anak agar dapat menghadapi dunia sekitarnya. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1)Bagaimana perencanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Kaliwates Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Kaliwates Jember? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Kaliwates Jember?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa 3) Mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Kaliwates Jember 2017/2018. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian menggunakan penelitian kualitatif deskriptif, sedangkan subjek penelitian yang dilibatkan dalam memperoleh data adalah kepala sekolah, guru mata pelajaran Matematika dan siswa kelas VB. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) perencanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education dalam melatih kemampuan berpikir kritis Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Maarif Condro Kaliwates Jember dimulai dari merumuskan tujuan pembelajaran yakni guru menyusun prota, promes dan RPP Sendiri, termasuk memilih bahan pelajaran, merumuskan kegiatan belajar mengajar serta merencanakan penilaian. Strategi yang digunakan adalah model pembelajaran kelompok. 2)pelaksanaan pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education adalah :a) memahami masalah kontekstual b) memilih model yang tepat untuk menyelesaikan masalah c) menyelesaikan masalah kontekstual d) membandingkan dan mendiskusikan jawaban e) menegosiasikan penyelesaian masalah. 3) Evaluasi pembelajaran Matematika dengan pendekatan Realistic Mathematics Education menggunakan evaluasi proses dan hasil. Penilaian proses yaitu penilaian kemampuan berpikir kritis (kemampuan menganalisis masalah, kemampuan memecahkan permasalahan dan kemampuan menyimpulkan) sedangkan penilaian hasilnya merupakan rata-rata dari keseluruhan nilai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 06:45
Last Modified: 12 Apr 2023 06:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22338

Actions (login required)

View Item View Item