Implementasi Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten jember tahun pelajaran 2016/2017

Fitrianingsih, Ms (2017) Implementasi Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten jember tahun pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Fitrianingsih_084134018.pdf

Download (7MB)

Abstract

Faktor yang terpenting dalam pembelajaran khususnya pada mata pelajaran IPA adalah bagaimana seorang guru bisa memberikan pengajaran yang menyenangkan melalui metode pengajaran yang variatif dan tidak monoton sehingga peserta didik menyenangi pelajaran yang diberikan oleh guru. Dengan demikian diharapkan tujuan pembelajaran akan tercapai, tidak hanya pada aspek kognitif saja, akan tetapi tercapai pula pada aspek-aspek lainnya: yaitu aspek afektif dan aspek psikomotorik. Oleh karena itu, pemakaian metode harus sesuai dan selaras dengan karakteristik siswa, materi, dan kondisi lingkungan. Penggunaan metode pembelajaran yang tepat, merupakan suatu alternatif mengatasi masalah-masalah yang ada pada diri individu siswa. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Implementasi Fase Pemberian Tugas Pada Metode Pemberian Tugas Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (2) Bagaimana Implementasi Fase Pelaksanaan Pada Metode Pemberian Tugas Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017? (3) Bagaimana Implementasi Fase Mempertanggung Jawabkan Tugas Pada Metode Pemberian Tugas Mata Pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Implementasi Metode Pemberian Tugas pada mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in Desa Rowotamtu Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan sebagai berikut. (1) Implementasi fase pemberian tugas pada metode tugas dan resitasi mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in, dalam memberikan tugas kepada siswa, guru menjelaskan tugas secara jelas dan mudah dipahami oleh siswa. (2) Implementasi fase pelaksanaan pada metode tugas dan resitasi mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in, pada fase pelaksanaan guru tidak lepas tanggung jawab. Guru IPA terus membimbing, mengawasi dan mengontrol siswa dengan keliling ke bangku siswa. (3) Implementasi fase mempertanggung jawabkan tugas pada metode tugas dan resitasi mata pelajaran IPA Di Madrasah Ibtidaiyah Ma’arif Hidayatul Mubtadi’in, pada tahap ini guru IPA di madrasah tersebut menyuruh siswa untuk melaporkan hasil pekerjaannya baik lisan maupun tertulis. Guru biasanya menyuruh siswa untuk maju ke depan kelas untuk membacakan atau menulis hasil pekerjaannya dipapan tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:12
Last Modified: 12 Apr 2023 14:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22343

Actions (login required)

View Item View Item