Implementasi shalat dhuhur berjama’ah Dalam Meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulumu Jambearum Sumberjambe Jember tahun pelajaran 2017/2018.

Aflah, Kiswatul (2018) Implementasi shalat dhuhur berjama’ah Dalam Meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulumu Jambearum Sumberjambe Jember tahun pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kiswatul Aflah_084 134 041.pdf

Download (3MB)

Abstract

Beberapa kasus yang sedang melanda Bangsa Indonesia merupakan dampak dari kemerosotan moral Bangsa yang terjadi saat ini. Akan tetapi melihat realitas saat ini pendidikan hanya mengedepankan aspek keilmuan dan kecerdasan peserta didik. Adapun aspek moral sebagai basis pembentukan akhlak semakin terpinggirkan. Kegiatan shalat dhuhur berjama’ah sebagai organisasi yang berkecipung dalam dunia pendidikan yang berusaha membantu pemerintah dan masyarakat dalam membangun akhlak atau tingkah laku yang baik selaku anak penerus generasi muda Indonesia. Fokus penelitian ini adalah : 1). Bagaimana pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulum Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kebupaten Jember. 2). Bagaimana Implikasi pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulum Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Tujuan penelitian ini adalah : 1). Mendiskripsikan pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulum Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kebupaten Jember. 2). Mendiskripsikan Implikasi pelaksanaan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa di Madrasah Ibtidaiyah Mikhrojul Ulum Desa Jambearum Kecamatan Sumberjambe Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenis deskriptif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Kegiatan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa diantaranya melalui, shalat dhuhur bersama menyadari akan pentingnya persaudaraan, untuk membangun akhlak siswa yang di dalamnya juga mengajarkan sikap kesopanan, baik itu berupa perkataan maupun tingkah laku peserta didik. 2). Implikasi kegiatan shalat dhuhur berjama’ah dalam meningkatkan akhlak siswa di antaranya: Siswa menjadi lebih memiliki sifat jujur, baik perkataan maupun perbuatan, siswa cukup mampu menerapkan adab kesopanan terhadap orang tua, siswa mempunyai sikap disiplin, adab yang baik terhadap guru dan rasa tanggung jawab, mematuhi peraturan yang ada di sekolah entah dalam kegiatan shalat dhuhur berjama’ah maupun kegiatan lain yang ada di sekolah, siswa mampu menerapkan beberapa sikap yang baik dan akhlak terpuji terhadap sesama manusia di antaranya saling tolong menolong antar satu sama lain dapat memberi simpati kepada teman yang lain, melaksanakan diskusi di dalam kelas dengan baik, baik perkataan maupun perbuatan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22352

Actions (login required)

View Item View Item