Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas I MIN Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Ningsih, Kustina (2018) Penerapan Program Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Pada Siswa Kelas I MIN Arjasa Kecamatan Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kustina Ningsih_084134069.pdf

Download (24MB)

Abstract

Baca tulis al-Qur’an merupakan salah satu bagian mata pelajaran pendidikan agama Islam yang perlu diajarkan dengan tujuan agar anak dapat membaca dan menulis al-Qur’an dengan benar dan lancar. Asas ini nampaknya tidak mengecualikan kasus bagaimana umat ini bisa kokoh dalam akidah maupun dalam syari’ah dan memiliki kesadaran dalam berakhlakul karimah, ternyata kokohnya syari’ah dalam agama dapat dikenali, difahami, diajarkan, dan diwariskan juga melalui membaca dan menulis dengan baik. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penerapan program baca tulis al-qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa Kelas I MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana proses penerapan program BTA untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa Kelas I MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana Evaluasi penerapan program BTA untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah : 1) Mendeskripsikan perencanaan penerapan program BTA untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa Kelas I MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan Proses penerapan program baca tulis al qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa Kelas I MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3). Mendeskripsikan evaluasi penerapan program baca tulis al qur’an untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis al qur’an pada siswa Kelas I MIN Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Metode pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan tenik. Hasil penelitian adalah: Berdasarkan temuan serta pembahasan yang telah dijabarkan diatas, maka dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut, 1). Bahwa perencanaan program penerapan BTA yang digunakan oleh guru membuat perencanaan pembelajaran sebelum melakukan pembelajaran di kelas Membuat perencanaan juga harus mempertimbangkan siswa yang mempunyai keberagaman karakter. Memilih cara mengajar secara tepat merupakan salah satu perencanaan dalam mencapai tujuan atau kompetensi yang diharapkan, 2). Proses penerapan program BTA tentu mempunyai tujuan yang ingin dicapai. Untuk itu, tujuan dari penerapan program BTA untuk peningkatan kemampuan membaca dan menulis Al-Qur’an Siswa Kelas I MIN Arjasa adalah, harus relevan yang terkait dengan beberapa metode pembelajaran. Dan yang terpenting adalah bagaimana proses ini berjalan dengan efektif guru mampu memasukkan teori pembelajaran sebagai proses kedalam praktek dalam pembelajaran. Semisal pertama-tama guru menulis ayat-ayat pendek di papan tulis.3) Dalam mengevaluasi penerapan program BTA untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al qur’an siswa Kelas I MIN Arjasa dilakukan Pertama, secara terus menerus, artinya dilakukan dalam setiap satu minggu sekali. Kedua, secara menyeluruh, artinya evaluasi ini dilakukan dengan penilaian dari semua aspek, baik aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik siswa Kelas I, sehingga dapat menghasilkan evaluasi yang maksimal dan sempurna.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22354

Actions (login required)

View Item View Item