Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Sufraini, Ms (2017) Implementasi Kurikulum Berbasis Tauhid dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa di Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sufraini_084 134 021.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sekolah Dasar Integral Luqman Al-Hakim merupakan lembaga pendidikan umum yang sangat mementingkan pendidikan agama dari pada Pendidikan umum, akan tetapi tidak memisahkan antara keduanya. Terbukti dari kurikulum yang diterapkan menggunakan kurikulum nasional yang pada pelaksanaannya diintegrasikan dengan kurikulum berbasis tauhid. Kurikulum berbasis tauhid yakni adanya pengintegrasian antara semua mata pelajaran dengan tauhid, artinya dalam setiap materi yang dipelajari siswa dikaitkan dengan agama. Tujuan akhir dari kurikulum berbasis tauhid ini adalah membentuk siswa agar memiliki akhlak yang baik dengan Allah dan sesama makhluk ciptaanNya. Berdasarkan latar belakang tersebut, penelitian ini difokuskan untuk mengetahui : 1) Konsep Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Luqman AlHakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 2) Perencanaan Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Luqman Al-Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 3) Pelaksanaan Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Luqman Al-Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017, 4) Evaluasi Kurikulum Berbasis Tauhid di SD Integral Luqman Al-Hakim Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Dalam penelitian ini, menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan model analisis data Miles dan Huberman. Analisis data ini meliputi kegiatan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan, bahwa 1) konsep kurikulum berbasis tauhid yakni adanya pengintegrasian semua mata pelajaran dengan tauhid. tujuan akan tauhid tidak lain ingin mendekatkan siswa dengan Allah SWT, tidak ingin memisahkan antara ilmu agama dan ilmu umum. 2) Pada tahap perencanaan meliputi desain kurikulum, penyusunan program serta strategi pembelajaran yang akan digunakan pada tahap pelaksanaan. 3) Sedangkan pelaksanaannya meliputi tingkat sekolah dan tingkat kelas. Pada tingkat sekolah dilakukan dengan adanya kegiatan penyusunan program tahunan, jadwal kegiatan pelaksanaan pembelajaran, serta koordinasi dengan kesatuan sikap, perbuatan, dan tindakan yang diintegrasikan dengan kurikulum berbasis tauhid. pada tingkat kelas lebih kepada kegiatan pembelajarannya. 4) Pada tahap evaluasi, meliputi evaluasi input, evaluasi proses dan evaluasi output Kata kunci : implementasi, kurikulum berbasis tauhid, kecerdasan spiritual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22355

Actions (login required)

View Item View Item