Penerapan Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Hermawati, Santi (2017) Penerapan Metode Make A Match Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Santi Hermawati_084 134 080.pdf

Download (6MB)

Abstract

Mata pelajaran Aqidah Akhlaq merupakan salah satu mata pelajaran yang diajarkan di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 04 Jember. Mata pelajaran ini di rasakan sebagai mata pelajaran yang sulit dan jenuh bagi siswa, pembelajaran ini kurang menarik apabila tidak ada cara penyampaian yang inovatif dan bervariasi. Hal ini kemungkinan metode yang digunakan masih memakai metode konvensional yakni ceramah, Tanya jawab, dan pemberian tugas. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana upaya penerapan metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Negeri 04 kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018? 2) Sejauh mana penerapan metode make a match dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV A pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq di MI Negeri 04 kabupaten Jember tahun pelajaran 2017/2018? Pendekatan penelitian ini adalah kualitatif, yaitu penelitian yang dinyatakan dalam bentuk verbal yang didukung dengan data kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan secara kolaboratif bersama guru mata pelajaran Aqidah Akhlaq. Setiap siklus terdiri empat tahap yaitu perencanaan (planning), pelaksanaan (action), pengamatan (observasi) dan refleksi (reflection), sasaran penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A pada mata pelajaran Aqidah Akhlaq materi tentang Mengenal Allah Melalui Asmaul Husna. Teknik pengumpulan data dengan tes, observasi, wawanacara, dan dokumentasi. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila penguasaan materi peserta didik mencapai 100% dari tujuan yang harusnya dicapai, dengan nilai KKM 75. Langkah-langkah penerapan metode make a match meliputi: 1) Peneliti menyiapkan kartu-kartu yang berisi soal dan jawaban, 2) Peneliti membagi kartu soal dan jawaban pada masing-masing peserta didik secara acak, 3) Peserta didik mencari pasangan dari kartu yang dipegang, 4) Peserta didik yang sudah menemukan pasangan diminta untuk duduk berdekatan, 5) Setelah semua peserta menemukan pasangan , peserta didik secara bergantian membacakan soal yang diperoleh kepada teman-teman lainya. 7) Untuk mengecek pemahaman peserta didik, peneliti melakukan evaluasi dengan cara memberikan soal latihan pada peserta didik. Hasil penelitian yang digunakan dengan menerapkan metode make a match, menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil ini dapat dilihat dari presentase ketuntasan pada pra tindakan adalah 73.3% , lalu dilakukan tindakan pada siklus I menjadi 75.7%, sedangkan pada siklus II menjadi 84.4%, dan pada siklus III menjadi 91.4%. Dengan demikian, membuktikan bahwa penerapan metode make a match meningkatkan hasil belajar bahasa Aqidah Akhlaq peserta didik kelas IV A MI Negeri 04 Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22356

Actions (login required)

View Item View Item