Penerapan Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Mengaji Di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017.

Amalia, Serli (2017) Penerapan Metode Tahfidz Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Mengaji Di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Serli Amalia_084134076.pdf

Download (4MB)

Abstract

Hal yang melatar belakangi penelitian ini adalah bahwa upaya guru dalam memilih metode yang tepat untuk peserta didik dalam menghafal Al-Qur’an. Metode mempunyai andil yang besar dalam kegiatan belajar mengajar. Kemampuan peserta didik akan ditentukan dari kerelevansian penggunaan suatu metode yang sesuai dengan tujuan. Berdasarkan latar belakang diatas, maka yang menjadi fokus penelitian adalah: 1. Bagaimana penerapan metode membaca bi nadhor dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, 2. Bagaimana penerapan metode menghafal dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, 3. Bagaimana penerapan metode Talaqqi dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, 4. Bagaimana penerapan metode Tikrar dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode membaca bi nadhor dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, 2. Untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode menghafal dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah AlMunqiyah, 3. Untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Talaqqi dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, 4. Untuk mendeskripsikan tentang penerapan metode Tikrar dalam meningkatkan prestasi siswa mengaji di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif jenis penelitian lapangan (field research) dengan mengambil lokasi di Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah Kecamatan Banyuglugur Kabupaten Situbondo. Teknik pengumpulan data dilakukan secara observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun yang menjadi informan dari penelitian ini adalah: kepala Madrasah Ibtida’iyah Al-Munqiyah, guru tahfidz dan siswa. Hasil penelitian ini yaitu: 1. Dalam penerapan metode membaca bi nadhor dilakukan dengan cara yang berbeda yaitu dengan membacakan ayat yang akan dihafal, kemudian siswa mengikuti. Juga dengan cara mnulis ayat pada secarik kertas, 2. Penerapan metode menghafal ini dilakukan setiap hari. Tujuannya juga agar hafalan siswa meningkat dan adanya peningkatan nilai pada raport siswa, 3. Penerapan metode Talaqqi dilakukan dengan menyetorkan hafalan kepada guru, dengan itu guru mengetahui tingkat hafalan siswa. Talaqqi ini juga diadakan setiap hari, 4. Penerapan metode Tikrar di MI Al-Munqiyah ini dilakukan dengan cara diadakan setiap hari agar siswa benar-benar ingat hafalan yang sudah dihafal. Tikrar ini juga dilakukan setiap hari untuk melatih siswa istiqomah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22357

Actions (login required)

View Item View Item