Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Chofifah, Lutviyatul (2017) Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lutviyatul Chofifah_084 134 031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Terkadang orang tua kurang mengontrol anaknya untuk belajar, mereka malah membiarkan anaknya tidak belajar dan memilih bermain dan menonton televisi. Tetapi mereka menuntut anaknya untuk memiliki prestasi yang baik. Sebagai orang tua harus memberi contoh perilaku yang baik kepada anaknya, karena pendidikan pertama dimulai dari orang tua. Jadi, pola asuh orang tua sangat menentukan perilaku seorang anak. Berdasarkan latar belakang rumusan masalah penelitian adalah Bagaimana pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian adalah Untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Ajung tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif expose facto. Teknik Pengumpulan Data adalah: 1) Observasi 2) Wawancara 3) Dokumentasi 4) Angket. Analisis data adalah: 1) Uji Normalitas, 2)Uji Regresi Linier Sederhana 3)Uji Koefisien Determinasi. Hasil penelitiannya adalah ada pengaruh antara pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar. Kontribusi pengaruh dari pola asuh orang tua terhadap prestasi belajar yaitu 1,2% . Artinya bahwa 98,8% prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item