Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler HadrahDi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017.

Sudarsih, Ms (2017) Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Ekstrakurikuler HadrahDi Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Sudarsih_084134037.pdf

Download (10MB)

Abstract

Pendidikan untuk menghasilkan manusia yang berkualitas itu sangat pentingbagi manusia pada zaman yang semakin berkembang dan mengalami kemajuan lagi oleh seseorang seperti hal nya penemuan-penemuan serta kemajuankemajuan yang banyak baik dalam ilmu pengetahuan maupun teknologi. Artinya, ia berartida sekaligus mengandung hal-hal positif, ketika di manfaatkan untuk tujuan baik. Sebaliknya, ia dapat berakibat negatif ketika hanyut kedalam hal-hal negatif, hal itulah yang menyebabkan turun nya nilai-nilai pendikan karakter. Karakter bangsa merupakan pilarpentingdalam kehidupan berbangsa dan bernegara.Dalam membentuk karakter sangat dibutuhkan pendidikan agama dalam suatu lembaga pendidikan. Karena, akan berpengaruh terhadap pembentukan jiwa keagamaan pada anak. Di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso setiap hari jum’at sore dan minggu pagi diadakan ekstrakurikuler hadrah yang manaTujuannya untuk menanamkan nilai-nilai pendidikan terhadap pembentukan karakter siswa. Fokus yang dikaji dalam penelitian ini yaitu, 1) Bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017? 2) Nilai-nilai karakter apa saja yang di kembangkan dalam kegiatan Ektrakurikuler Hadrah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017? Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah kualitatifdeskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tidak terstuktur, observasi patisipatif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan tiangulasi sumber dan teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler hadrah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017yaitu di ikuti oleh 14 siswa campuran putra putri dari kelas III-VI dimana runtutatn acara pada setiap latian adalah pembukaan, pemberian vokal dan materi tabuhan, pembacaan sholawat (penggarapan lagu), dan penutup. Pada materi vocalnya siswa di ajarkan untuk mampu menguasai lagu sholawat julus dan mahallum qiyam, dan lagu sunan di antaranya ada sholatum, salamun salamun, ashuqu bada’ dan ya habib, sedangkan pada materi tabuhan siswa di ajarkan tiga tabuhan dasar hadrah yaitu grinji,minikan, pukulan lambat, Pecahan 1, pecahan dua dan golongan.2) Nilai-nilai karakter yang di kembangkan dalam kegiatan Ektrakurikuler Hadrah di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Ulum Desa Cindogo Kecamatan Tapen Kabupaten Bondowoso Tahun Pelajaran 2016/2017yaitu relegius,tanggung jawab, disiplin, mandiri,santun, peduli, percaya diri, kreatif, baik, adil, toleransi, dan cinta damai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:11
Last Modified: 12 Apr 2023 14:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22360

Actions (login required)

View Item View Item