Manajemen Pemasaran Pendidikan

Hidayat, Rofiq (2021) Manajemen Pemasaran Pendidikan. Komojoyo Press, Yogyakarta. ISBN 978-623-6961-67-4

[img] Text
Rofiq Hidayat, Manajemen Pemasaran Pendidikan, (Yogyakarta, Komojoyo Press, 2021).pdf

Download (1MB)

Abstract

Lembaga pendidikan yang ideal adalah yang bisa mengelola
input dan menghasilkan output yang berkualitas. Untuk
mendapat input yang sesuai dengan target, maka diperlukan
perencanaan yang matang dan strategi pemasaran yang tepat.
Apalagi tingkat pesaingan antar Lembaga Pendidikan juga sangat

ketat sehingga banyak Lembaga Pendidikan yang berlomba-
lomba memperbaiki kualitas agar bisa memperbanyak kuantitas

input-nya.
Namun pada era Society 5.0 ini, banyak lembaga pendidikan
yang tidak mengelola pemasaran dengan baik sehingga jumlah
pendaftar turun dari tahun ke tahun. Berkurangnya peminat bisa
jadi karena beberapa kesalahan strategi, seperti kurangnya
promosi, biayanya yang mahal, tempatnya yang tidak strategis,
atau program-program yang kurang diminati.
Jika dibiarkan hal ini akan mempengaruhi keberlangsung
Pendidikan di Lembaga tersebut. Dengan sepinya peminat, maka
pemasukan tentunya akan berkurang baik dari wali murid
maupun pemerintah. Jumlah pagu kelas akan berkurang
sehingga terjadi ketidakseimbangan antara jumlah guru dengan
jumlah murid yang masuk. Rentetan permasalah itu akan
memberikan efek domino yang juga akan berdampak pada
akreditasi lembaga. Skenario terburuknya bahkan terpaksa harus
tutup jika tidak memenuhi kuota rombel.
Buku ini diharapkan menjadi acuan bagi produsen pendidikan
baik yang akan maupun yang sudah mendirikan lembaga
pendidikan dalam menjaring lebih banyak pelanggan pendidikan
sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan.

Item Type: Book
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Rofiq Hidayat
Date Deposited: 15 Apr 2023 12:17
Last Modified: 15 Apr 2023 12:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22362

Actions (login required)

View Item View Item