“ Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017

Nofitria, Uda (2017) “ Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Uda Nofitria_084134024.pdf

Download (6MB)

Abstract

Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam merupakan salah satu mata pelajaran yang dalam pembelajarannya tidak hanya sekedar mampu menghafalkan materi-materi pembelajaran yang diberikan, akan tetapi anak didik diharapkan mampu memahami, menganalisis dan mengambil hikmah dari materi Pembelajaran sejarah kebudayaan Islam tersebut, Dalam hal ini guru dituntut untuk mampu menerapkan metode pembelajaran yang sesuai, salah satunya dengan menerapkan metode diskusi karena dengan metode diskusi siswa benarbenar dilibatkan secara penuh dalam proses pembelajaran sehingga siswa dituntut untuk membaca, memahami materi, menyampaikan pendapat, menanggapi pendapat teman memberi saran dan juga menerima saran teman. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah: 1) Bagaimana perencanaan penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?; 2) Bagaimana pelaksanaan penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?; 3) Bagaimana evaluasi penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017?; Tujuan penelitian adalah 1) Mendeskripsikan perencanann penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017; 3) Mendeskripsikan evaluasi penerapan metode diskusi pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salafiyah Syafi’iyah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016/2017; Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif, penentuan subyek penelitiann secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan menggunakan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah: 1) Perecanaan Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salfiyah Syafi’iayah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016 /2017 dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sudah mencantumkan metode diskusi dan sudah terdapat 11 komponen yang harus ada dalam RPP seperti Identitas Sekolah/ Madrasah., Alokasi Waktu, Standar Kompetensi, Kompetensi Dasar, Indikator, Tujuan Pembelajaran, Materi Pembelajaran, Metode Pembelajaran, Langkah-langkah Pembelajaran, Alat/Bahan/Sumber Belajar, Penilaian. Namun pada silabusnya belum sepenuhnya mencantumkan komponen silabus yakni tidak ada strategi pembelajarannya; 2) Pelaksanaan Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salfiyah Syafi’iayah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016 /2017 meliputi tiga hal yaitu: a) persiapan penerapan metode diskusi pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam guru sudah merumuskan tujuan yang ingin dicapai, menentukan masalah yang akan dibahas dengan menggunakan metode diskusi namun dalam persiapan penerapan metode diskusi guru tidak mempersiapkan petugas-petugas diskusi seperti moderator, notulis, dan tim perumus hanya saja ada ketua kelompok dalam satu kelompok diskusi; b) Pelaksanaan Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam guru tidak menyuruh peserta didik untuk membacakan hasil diskusinya di depan kelas melainkan menyuruh peserta didik untuk mengumpulkan hasil diskusinya, sehingga tidak ada tanya jawab antar peserta didik dengan peserta didik dengan begitu kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk mengeluarkan gagasan dan ide-idenya; c) Menutup Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam guru dalam menutup diskusi membuat poko-pokok pembahasan tentang materi yang sudah dipelajari dengan mengajak peserta didik; 3) Evaluasi Penerapan Metode Diskusi Pada Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Madrasah Ibtidaiyah Salfiyah Syafi’iayah Desa Watukebo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2016 /2017 penilaian Tes dan Non Tes. Penilaian Tes yang digunakan yakni tes tulis bentuk uraian yang diberikan guru ketika peserta didik melakukan diskusi, dan tes lisan yang dilaksanakan keika jam pelajaran hampir selesai, penilain Non tes yang digunakan yakni observasi yang dilaksanakan guru untuk mengamati siswa pada saat diskusi apakah siswa benar-benar terlibat dan aktif dalam berdiskusi bersama temannya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:10
Last Modified: 12 Apr 2023 14:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22363

Actions (login required)

View Item View Item