Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kerajinan Sangkar Burung Bapak Santoso Di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember.

Nilasari, Intan (2023) Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kerajinan Sangkar Burung Bapak Santoso Di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
INTAN NILASARI_E20183069.pdf

Download (5MB)

Abstract

Intan Nilasari, Dr. Nurul Setianingrum, SE., M.M, 2023: Analisis Pengelolaan Keuangan Pada Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) Kerajinan Sangkar Burung Bapak Santoso Di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember

Penelitian ini dilakukan pada Kerajinan Sangkar Burung yang merupakan salah satu Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang berada di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember. Sebagian besar permasalahan akuntansi yang dialami oleh pemilik usaha adalah pencatatan keuangan yang dilakukan masih sebatas barang masuk dan barang keluar tanpa pelaporan dan pengendalian yang jelas. Maka dalam hal ini peneliti mengkaji lebih dalam terkait Analisis pengelolaan keuangan UMKM kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhan Mangli Kabupaten Jember.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pengelolaan keuangan UMKM kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember?, Bagaimana kendala UMKM kerajinan sangkar burung dalam mengelola keuangan di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember?. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Untuk mengetahui pengelolaan keuangan UMKM kerajinan sangkar burung di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui Bagaimana kendala UMKM kerajinan sangkar burung dalam mengelola keuangan di Desa Dawuhanmangli Kabupaten Jember
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan jenis penelitian field research (lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini yaitu: 1) Pengelolaan Keuangan UMKM kerajinan sangkar burung Dawuhanmangli a) perencanaan, b) pencatatan c) Pelaporan d) pengendalian, 2) Kendala UMKM kerajinan sangkar burung Dawuhanmangli meliputi kurangnya sumber daya manusia yang terlatih, rendahnya pengetahuan akan teknologi dan kurangnya menguasai mengenai keuangan.

Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan, UMKM

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Intan Nilasari
Date Deposited: 17 May 2023 04:21
Last Modified: 17 May 2023 04:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22367

Actions (login required)

View Item View Item