Model Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan dan SMP 09 Ma’arif NU Ambulu)

Umam, Khairul and Karim, Abdul Model Pendidikan Moderasi Beragama di Lembaga Pendidikan (Studi Kasus di SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan dan SMP 09 Ma’arif NU Ambulu). [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Umam Bab I_V.pdf

Download (3MB)

Abstract

Lembaga pendidikan akan selalu melakukan perubahan dalam semua aspek,
termasuk perubahan dalam pengembangan kurikulum untuk merespon kebutuhan
hari ini. Maraknya permasalahan intoleransi, ujaran kebencian dan radikalisme
berlatar belakang agama harus disikapi dan dicarikan problem solvingnya.
Termasuk lembaga pendidikan ikut andil meminimalisir beberapa permasalahan
tersebut dengan mengembangkan kurikulum pendidikan moderasi beragama
sebagai antisipasi dini bagi peserta didik untuk membentuk cara pandang dan
sikap yang moderat terhadap semua permasalahan. Penelitian ini bertujuan untuk
mendeskripsikan dan menganalisis model pendidikan moderasi beragama di SMP
Muhammadiyah 6 Wuluhan dan SMP 09 Ma’arif NU Ambulu. Penelitian ini
menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus.
Teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, wawancara dan FGD.
Sedangkan analisi data menggunakan model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu
kondensasi data, display data dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan
data menggunakan triangulasi sumber dan tiangulasi teknik. Adapun hasil
penelitian menunjukkan: 1) Desain kurikulum pendidikan moderasi beragama di
SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Dan SMP 09 Ma'arif NU Ambulu, yaitu: a)
Desain kurikulum dengan model mandiri berubah dan mandiri belajar, b) Desain
kurikulum kolaboratif dan model terpisah dalam pendidikan moderasi beragama,
c) Desain Hidden kurikulum dengan pesan islam wastahiyah dan Islam Aswaja
pada semua mata pelajaran. 2) Penerapan pendidikan moderasi beragama
dilembaga pendidikan SMP Muhammadiyah 06 Wuluhan Dan SMP 09 Ma'arif
NU Ambulu, yaitu: a) Materi pendidikan moderasi beragama sesuai ajaran
Muhammadiyah dan Ke-aswajaan an-nahdiyah, b) Hidden pembelajaran PAI
dengan islam wasatiyah dan ajaran tasammuh, tawassuth, i’tidal dan tawazzun, c)
Pembelajaran PAI inklusif dan berbasis masalah, dan d) Integrasi pembalajaran
umum dan agama serta pengenalan materi khilafiyah dalam MOS. 3) Bentuk
pendidikan moderasi beragama di Lembaga Pendidikan SMP Muhammadiyah
Dan SMP 09 Ma'arif NU Ambulu, yaitu: a) kajian rutin ke-Muhammadiyahan dan
kajian rutin aswaja, b) Penguatan aqidah dengan kajian al-Qur’an dan pembiasaan
kebudayaan tahlilan, pengajian al-Qur’an bit-Tartil serta sholawat al-Banjari, c)
PHBI untuk membentuk sikap religius dan meneladani rasululah serta para
pejuang kemerdekaan, dan d) Pendidikan Wawasan Kebangsaan Dan Pendidikan
Literasi Media Sosial Bagi Remaja.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairul Umam
Date Deposited: 12 Apr 2023 14:10
Last Modified: 12 Apr 2023 14:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22368

Actions (login required)

View Item View Item