ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI PENERAPAN APLIKASI KEUANGAN DESA (SISKEUDES) PADA DESA BESUKI KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO

Hasanah, Kifliyatun (2023) ANALISIS PENGELOLAAN KEUANGAN DESA MELALUI PENERAPAN APLIKASI KEUANGAN DESA (SISKEUDES) PADA DESA BESUKI KECAMATAN BESUKI KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ.

[img] Text
KifliyatunHasanah_E20193157.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kifliyatun Hasanah, Dr.Nur Ika Mauliyah,M.Ak, 2023: Analisis Pengelolaan Keuangan Desa Melalui Penerapan Aplikasi Keuangan Desa (Siskeudes) Pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo

Apllikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes) merupakan sistem akuntansi yang dirancang dan dijalankaann dengan baik. Siskeudes akan menghasilkan output RPJM (Rencana Pembbangunan Jangka Menengah) dan RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Desa, APBN (Anggaran Pendapatan dan Belanja) Desa, dokumen penatausahaan keuangan desa, laporan realisasi APB desa, laporan kekayaan milik desa, dan laporan realisasi dana desa.
Berdasarkan Peraturan Dalam Negeri Nomer 20 Tahun 2018 tentang pengelolaan keuanga desa menyatakn keseluruhan kegiatan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, pertangggung jawaban keuangan desa yan sudah diatur dan dikelola oleh desa.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Pengelolaan Keuangan Desa pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo dengan Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)? 2) Bagaimana Penerapan Apllikasi Siskeudes pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo? 3) apa dampak Penerapan Aplikasi Siskeudes dalam Pengelolaan Keuangan pada Desa Besuki Kecamatan Besuki Kabupaten Situbondo?
Tujuan dari penelitian inni adalah untuk mengetahui tentang Bagaimana Pengelolaan Keuangan Desa pada Desa Besuki. Memahami Penerapan Siskeudes dalam Pengelolaan Keuangan di Desa Besuki, serta untuk mengetahui dampak dari Penerapan Siskeudes ini dalam pengeloaan keuangan Desa.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif-explanatori. Dalam pengumpulan data penulis menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan Keuaangan di Desa Besuki sudah sesuai dengan Peraturan Dalam Negeri Nomer 20 Tahun 2018. 2) Sistem aplikasi Siskeudes yangg digunakan Desa Besuki sudah paling versi terbaru yaitu versi 2.0 R.2.0.4. 3) Penerapan aplikasi Siskeudes membuat laporan keuangan di Desa Besuki lebih rinci dan akurat, sehingga mempermudah pekerjaan pegawai/perangkat Desa dalam membuat laporan keuangan.

Kata Kunci: Pengelolaan Keuangan Desa, Aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 08 INFORMATION AND COMPUTING SCIENCES > 0803 Computer Software > 080307 Operating Systems
10 TECHNOLOGY > 1006 Computer Hardware > 100602 Input, Output and Data Devices
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Kifliyatun Hasanah
Date Deposited: 13 Apr 2023 03:58
Last Modified: 13 Apr 2023 03:58
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22374

Actions (login required)

View Item View Item