WULIDATUL, ROHMA (2023) UPAYA GURU DALAM MENSTIMULASI KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI METODE FONIK PADA KELOMPOK A DI PAUD ISLAM TERPADU AZ-ZAHROH KEC. AMBULU KAB. JEMBER TAHUN PELAJARAN 2022-2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
REVISI SIDANG WULID watermark (2).pdf Download (2MB) |
Abstract
Wulidatul Rohma, 2023: Upaya Guru Dalam Menstimulasi Kemampuan
Membaca Permulaan Melalui Metode Fonik Pada Kelompok A Di PAUD
Islam Terpadu Az-Zahroh Kec. Ambulu Kab. Jember Tahun Pelajaran
2022/2023.
Kata Kunci: Upaya guru, Faktor pendukung & penghambat metode fonik.
Berdasarkan hasil observasi awal di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh Kec.
Ambulu Kab. Jember menunjukkan bahwa kemampuan bahasa pada anak di
PAUD tersebut kurang baik. Karena anak suka terbalik saat menulis huruf vokal
a,i,u,e,o, maupun ketika anak melingkari huruf vokal pada lembar kerjanya.
Fokus penelitian ini adalah:1).Bagaimana upaya guru dalam menstimulasi
kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik pada kelompok A di
PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh Kec. Ambulu Kab. Jember Tahun Pelajaran
2022/2023?. 2).Apa saja faktor pendukung & penghambat dalam menstimulasi
kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik pada kelompok A di
PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh Kec. Ambulu Kab. Jember Tahun Pelajaran
2022/2023?.
Adapun tujuan penelitian ini adalah:1).Mendeskripsikan upaya guru dalam
menstimulasi kemampuan membaca permulaan melalui metode fonik pada
kelompok A di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh Kec. Ambulu Kab. Jember
Tahun Pelajaran 2022/2023. 2).Untuk mengetahui faktor pendukung &
penghambat dalam menstimulasi kemampuan membaca permulaan melalui
metode fonik pada kelompok A di PAUD Islam Terpadu Az-Zahroh Kec. Ambulu
Kab. Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis
penelitian studi kasus. Subjek penelitian ini berfokus kepada Kepala PAUD Az-
Zahroh & Guru kelompok A PAUD Az-Zahroh. Adapun teknik pengumpulan
data menggunakan observasi, wawancara, dokumetasi. Teknik analisis data
menggunakan model Miles, Hubberman dan Saldana. Sedangkan kebsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan:1).Upaya guru PAUD Islam
Terpadu Az-Zahroh Ambulu Jember yaitu: (a) Mengenalkan huruf vokal
menggunakan media kartu huruf raba, (b) Latihan menulis huruf vokal di atas
pasir, (c) Menyebutkan kata yang ada huruf vokalnya, (d) Mencari huruf vokal
yang diinginkan oleh guru pada buku cerita yang dipegang oleh masing-masing
anak, (e) Latihan menulis huruf vokal pada lembar kerjanya, (f) Latihan engram
fonik sambil menyanyikan lagu fonem secara bersama-sama, (g) Latihan
membaca menggunakan kartu fonem bahasa indonesia. 2).Faktor pendukung &
penghambat metode fonik misalnya: a) Kartu huruf raba b) Media pasir c) Papan
tulis, spidol, penghapus, d) Buku cerita e) Lembar kerja siswa f) VCD Player
“Lagu fonem CBI Fonik” g) Kartu fonem Bahasa Indonesia. Prasarana misalnya:
a) Ruang kelas b) Halaman sekolah. Faktor penghambat misalnya: a)
Membutuhkan waktu cukup lama dalam penerapannya b) Alat yang digunakan
untuk belajar fonik mahal harganya c) Tidak diperjual belikan secara bebas d)
Anak masih memerlukan bimbingan dari guru ketika belajar membaca permulaan
dengan metode fonik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Depositing User: | Wulidatul Rohma Jamroji |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 04:02 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 04:02 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22375 |
Actions (login required)
View Item |