Pembinaan Metode Bil Qolam Calon Guru di Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al-Karim Sidoarjo.

Ismaya, Lintang Rindu Amor (2023) Pembinaan Metode Bil Qolam Calon Guru di Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al-Karim Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN KHAS JEMBER.

[img] Text
Lintang Rindu Amor Fajar Ismaya_T20181487.pdf

Download (4MB)

Abstract

Berbagai macam metode pembelajaran al-quran yang telah muncul dan diterapkan kepada santri, selain metode menjadi faktor yang sangat penting dalam belajar al-quran juga perlu kualitas dan mutu dari pengajar al-quran agar dapat mencetak generasi qurani yang berakhlakul karimah. Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al-Karim Sidoarjo menjadi lembaga yang menggunakan metode pembelajaran al-quran yakni metode bil qolam sebagai pembinaan untuk calon guru karena selain unik di dalam penerapannya menggunakan metode jibril yang tidak digunakan oleh pembelajaran al-quran lainnya selain itu metode bil qolam relevan, mudah diajarkan kepada berbagai kalangan usia mulai dari anak-anak sampai orang dewasa serta efektif, dan sanad keilmuannya jelas yang menyambung kepada Nabi Muhammad SAW.
Fokus penelitian adalah (1) bagaimana pembinaan metode bil qolam calon guru di Lembaga Pendidikan dan Pengembangn Al-Quran (LPPQ) Al—Karim Sidoarjo? (2) bagaimana hasil pembinaan metode bil qolam calon guru di Lembaga Pendidikan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al — Karim Sidoarjo?
Tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan pembinaan metode bil qolam calon guru di Lembaga Pendidikan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al — Karim Sidoarjo. (2) mendeskripsikan hasil pembinaan metode bil qolam calon guru di Lembaga Pendidikan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al — Karim Sidoarjo.
Metode yang dipakai adalah penelitian kualitatif, jenis pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data menggunakan model interaktif Milles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa (1) Pembinaan metode bil qolam pada calon guru memiliki 3 tahap: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi. Perencanaan mencangkup 3 aspek, yaitu: target belajar metode, jenjang metode, dan karakteristik metode. Pelaksanaan dengan menggunakan metode Jibril atau disebut juga dengan talqin ittiba guna mendapatkan hasil yang maksimal. Evaluasi 3 macam yakni evaluasi awal (Pre-test), evaluasi formatif (harian) dan evaluasi sumatif (kenaikan jilid). (2) Hasil pembinaan metode bil qolam terhadap calon guru di Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Al-Quran (LPPQ) Al-Karim adalah mengikuti ujian munaqosah, yudisium, mendapat syahadah, dan mendapatkan perkuliahan sebagai bekal untuk menjadi guru.

Kata Kunci: Pembinaan, Metode Bil Qolam, Calon Guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Lintang Rindu Amor Fajar Ismaya
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:07
Last Modified: 14 Apr 2023 04:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item