Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19

Umam, Khairul and Jannah, Nur (2021) Peran Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga di Masa Pandemi Covid-19. FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman, 12 (1). pp. 95-115. ISSN 2085-3815

[img] Text (Journal)
335 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4kB)
Official URL: https://doi.org/10.36835/falasifa.v12i1.460

Abstract

Penelitian ini menjelaskan peran yang sewajarnya dan patut untuk dilakanakan oleh orang tua dalam proses pendidikan anak-anak mereka di masa pandemic covid-19. Dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif jenis library research, peneliti menyimpulkan bahwa peran orang tua di masa pandemi saat ini menjadi lebih urgen dalam rangka menumbuhkembangkan karakter anak ke arah yang lebih baik. Terdapat tiga poin utama yang perlu diinternalisasikan kepada anak, yaitu pendidikan agama, pendidikan sosial dan pendidikan akhlak. Pendidikan agama terkait dengan masalah keyakinan kepada Tuhan dan segala aspek yang berhubungan dengan-Nya. Pendidikan sosial berkaitan dengan penanaman nilai-nilai interaksi sosial, baik yang bersumber dari budaya dan agama dan sebagainya yang bernilai positif. Sementara pendidikan akhlak berkaitan dengan pembiasan nilai-nilai moral, baik individual maupun sosial. Nilai moral individual berkaitan dengan bagaimana memperlakukan diri, sementara nilai moral sosial berkaitan dengan bagaimana memperlakukan orang lain dengan baik.

Item Type: Article
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Khairul Umam
Date Deposited: 12 Apr 2023 21:09
Last Modified: 12 Apr 2023 21:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22387

Actions (login required)

View Item View Item