IDENTIFIKASI CAPUNG DI STADION IMAM NAHRAWI UIN KHAS JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANATOMI DAN FISIOLOGI HEWAN

Khusnah, Laila and Jamiati, Risa and Romiayus S, Anis IDENTIFIKASI CAPUNG DI STADION IMAM NAHRAWI UIN KHAS JEMBER SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANATOMI DAN FISIOLOGI HEWAN. [Laporan Penelitian] (Unpublished)

[img] Text
Laporan Penelitian Litabdimas-1-61.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini antara lain mengidentifikasi jenis capung yang terdapat di Stadion Imam Nahrawi dan mengetahui validitas modul yeng dikembangkan serta hasil uji keterbacaan mahasiswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah mix methode, yang terdiri dari pertama mengidentifikasi capung dengan cara menangkap capung yang ada di Stadion Imam Nahrawi kemudian di klasifikasi sampai tingkat jenis. Dalam hal ini terdapat empat jenis capung antara lain Orthetrum sabina, Pantala flavens, dan Diplacodes trivialis. Keempat jenis capung tersebut berada dalam satu family yaitu family Libellulidae. Selanjutnya hasil identifikasi tersebut digunakan sebagai bahan dalam pengembangan modul mata kuliah anatomi dan fisiologi hewan.
Hasil validasi terhadap modul yang dikembangkan adalah sebesar 91,45 dengan kategori sangat layak digunakan dalam pembelajaran mata kuliah anatomi dan fisiologi hewan. Nilai tersebut merupakan hasil rata-rata nilai validator ahli materi dan media. Dimana hasil validasi ahli materi sebesar 89,6 dengan kategori sangat layak. Adapun hasil validasi ahli media menunjukkan nilai sebesar 93,3 dengan kategori sangat layak. Sehingga modul yang dikembangkan sangat layak digunakan di lapangan.

Item Type: Laporan Penelitian
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0606 Physiology > 060603 Animal Physiology - Systems
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060807 Animal Structure and Function
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Laila Khusnah
Date Deposited: 13 Apr 2023 01:46
Last Modified: 13 Apr 2023 01:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22401

Actions (login required)

View Item View Item