Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Penggalang Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Shofiullah, Abdus (2018) Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Penggalang Dalam Mengembangkan Kedisiplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Abdus Shofiullah_084144079.pdf

Download (8MB)

Abstract

Disiplin dalam suatu sekolah sangat diperlukan untuk menciptakan keteraturan dan ketertiban karena itu dibentuklah tata tertib sekolah. Namun akhirakhir ini tata tertib mulai menurun fungsinya. Hal ini disebabkan, disiplin yang terbentuk adalah disiplin yang terpaksa, bukan karena kesadaran namun karena takut pada hukuman. Oleh karena itu sekolah perlu mengembangkan sikap disiplin di kalangan siswanya. Kesadaran untuk mengembangkan sikap disiplin dapat dilatih dengan kegiatan-kegiatan positif yang diadakan di sekolah, misalnya melalui kegiatan pramuka. Dari kegiatan pramuka inilah siswa akan dibiasakan untuk berlaku disiplin di setiap kegiatan yang diadakan di antaranya kegiatan latihan rutin dan kegiatan insidental. Fokos penelitian ini adalah: (1). Bagaimana pelaksanaan kegiatan latihan rutin pramuka penggalang dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? (2). Bagaimana pelaksanaan kegiatan insidental pramuka penggalang dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian ini di Madarasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dengan langkah-langkah pengumpulan data (data colletion), reduksi data (data reduction), penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan (conclusion/verification). Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil dari penelitian ini yaitu: 1) Pelaksanaan kegiatan latihan rutin pramuka penggalang dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember dilakukan secara terstruktur dan sistematis melalui latihan PBB, kegiatan PERSAMI dan penjelajahan. 2) Pelaksanaan kegiatan insidental pramuka penggalang dalam mengembangkan kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Jember dilakukan melalui kegiatan penghijauan dan pengabdian kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22413

Actions (login required)

View Item View Item