Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Ulfianita, Ms (2018) Implementasi Contextual Teaching and Learning Pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Ulfianita_084 144 080.pdf

Download (73MB)

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan salah satu teknik dari pembelajaran terpadu yang mengaitkan konsep-konsep dari beberapa mata pelajaran dengan tema sebagai pemersatu. Meskipun sudah menerapkan pembelajaran tematik proses pembelajaran masih berpusat pada siswa, siswa terkesan pasif dan suasana pembelajaran menjadi membosankan. Contextual Teaching and Learning merupakan suatu konsepsi yang membentuk guru mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata, dan memotivasi siswa membuat hubungan antar pengetahuan dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga pembelajaran akan berjalan dengan produktif dan bermakna bagi siswa. Fokus penelitian dalam penelitian ini, adalah: 1) Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Inquiry Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning dengan Inquiry Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang disunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan jenis penelitian field research, penentuan subjek peneltian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Contextual Teaching and Learning dengan Problem Based Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember yaitu pembelajaran lebih bermakna karena siswa terlibat secara langsung sehingga siswa lebih mudah faham mengenai apa yang dipelajari. 2) Contextual Teaching and Learning dengan Inquiry Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018 yaitu meningkatkan motivasi belajar siswa, baik aktif dalam berfikir kritis, bertanggung jawab, mengeksplorasi pengetahuan dan mengkomunikasikan gagasannya, dengan menemukan proses pembelajaran lebih bermakna dan menyenangkan. 3) Contextual Teaching and Learning dengan Cooperative Learning pada Pembelajaran Tematik Kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember yaitu melatih siswa saling bekerja sama, bertanggung jawab atas kelompoknya, mengembangkan keterampilan komunikasi secara lisan dan meningkatkan rasa percaya diri siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:36
Last Modified: 13 Apr 2023 21:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22416

Actions (login required)

View Item View Item