Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018.

Aulani, Muhammad Farhan (2018) Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Farhan Aulani_084141084.pdf

Download (7MB)

Abstract

Metode Yanbu’a merupakan penerapan dari thoriqoh baca tulis dan menghafal Al-Qur’an. Dalam metode Yanbu’a, lebih menekankan pada tulisan Rosm Utsmany dengan menggunakan jilid pemula, jilid 1 sampai 6 dan buku panduan hafalan, contoh-contoh huruf yang sudah berangkai semuanya dari AlQur’an kecuali beberapa kalimat yang tidak ada di Al-Qur’an demi untuk memudahkan anak. materi tambahan ghorib sebagai penunjang dalam pengajaran Al-Quran yang di susun secara praktis dan sistematis yang di sesuaikan dengan kemampuan anaksedangkan untuk membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar diperlukan ilmu tajwid supaya lisan terhindar dari kesalahan membaca Al-Qur’an. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana Perencanaan Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? 2. Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? 3. Bagaimana Evaluasi Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan Penelitian ini adalah 1. Mendeskripsikan Perencanaan Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. 2. Mendeskripsikan Pelaksanaan Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. 3.Mendeskripsikan Evaluasi Penerapan Metode Yanbu’a Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa di MI Miftahul Ulum Sumber Kemuning Tamanan Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara bebas terpimpin, dan dokumentasi. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Perencanaan penerapan metode Yanbu’a dilakukan dengan mengelompokkan dan mengklasifikasi siswa perjilid dan mengklasifikasi pengajar. 2. Pelaksanaan penerapan metode Yanbu’a dilaksanakan klasikal dan individual (sorogan). 3. Evaluasi penerapan metode Yanbu’a diadakan ujian kenaikan halaman dan ujian kenaikan jilid

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item