Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik kelas VB Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jember Desa Tutul Kecamatan Balung kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Laila, Ummi (2018) Penerapan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Tematik kelas VB Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jember Desa Tutul Kecamatan Balung kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ummi Laila_084144010.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penggunaan satu metode konvensional lebih cenderung menghasilkan proses pembelajaran yang monoton bagi peserta didik. Metode pembelajaran yang dilakukan oleh guru pada kenyataannya kurang memaksimalkan kreativitas peserta didik, pada akhirnya peserta didik terkadang hilang konsentrasi saat pembelajaran karena merasa bosan. Hal tersebut berpengaruh pada hasil belajar peserta didik. Kegiatan diskusi juga kurang memaksimalkan partisipasi teman, sehingga siswa lain terdominasi dan sulit untuk mengemukakan pendapatnya didepan teman-temannya. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka diperlukan penggunaaan metode yang menarik, inovatif, kreatif dan interaktif dalam pembelajaran. Salah satunya adalah dengan penggunaan metode Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dalam pembelajaran tematik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah dengan penerapan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar pembelajaran tematik tema 3 Sub tema 1 kelas Vb Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode Student Teams Achievement Divisions (STAD). Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang didukung data kuantitatif dengan jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas yang berkolaborasi dengan guru kelas Vb dengan menggunakan model Kemiis dan Taggart, dimana dalam satu siklus terdiri dari 4 tahapan yaitu: perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Pengumpulan data menggunakan beberapa metode, yaitu observasi sistemik, wawancara tidak terstruktur, dokumentasi dan tes.untuk menganalisa data menggunakan ketuntasan secara klasikal, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan bahwa metode Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran tematik tema 3 sub tema 1. Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Jember. Hasil belajar siswa menunjukkan peningkatan dibandingkan pada tahap pra siklus. Pada tahap pra siklus nilai rata-rata hasil belajar peserta didik adalah 58,9 dengan ketuntasan klasikal mencapai 35%. Sedangkan pada siklus I nilai rata-rata peserta didik adalah 74,8 dengan ketuntasan klasikal 77%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan 42%. Pada siklus II nilai rata-rata peserta didik 82,8 dengan ketuntasan klasikal 80%. Dan pada siklus III ini nilai rata-rata hasil belajar peserta didik meningkat menjadi 87,85 dengan ketuntasan klasikal 92%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item