Penerapan Pembelajaran Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadis Di Mi Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018.

Yulianti, Wida Afri (2018) Penerapan Pembelajaran Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an Pada Mata Pelajaran Al Quran Hadis Di Mi Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Wida Afri Yuliati_ 084 144 044.pdf

Download (9MB)

Abstract

Mengingat pentingnya peran Al Qur’an bagi kehidupan manusia, maka pengenalan Al Qur’an mutlak diperlukan. Upaya mengenalkan Al Qur’an itu bukan hanya mengetahui dari segi fisik dan aspek sejarah semata, namun yang lebih penting adalah bagaimana umat Islam mampu membaca sesuai dengan kaidah yang sudah ditentukan. Tidak banyak yang tertarik pada ilmu Tajwid, selaras dengan sedikitnya orang yang bisa membaca Al Qur’an dengan benar sesuai kaidah Tajwid yaitu tepat makhraj dan sifat hurufnya sebagaimana Al Qur’an diturunkan. Banyak yang menganggap bahwa sekedar bisa membaca Al Qur’an sudah cukup, sehingga tidak heran jikalau banyak orang yang lancar membaca Al Qur’an namun banyak kesalahannya dari sisi Tajwidnya. padahal Tajwid adalah suatu ilmu pengetahuan tentang tata cara membaca Al Qur’an dengan baik dan tertib sesuai makhraj-nya, panjang pendeknya, tebal tipisnya Ilmu, berdengung atau tidaknya, irama dan nadanya, serta titik komanyan yang telah diajarkan Rasulullah SAW kepada para sahabatnya sehingga menyebar luas dari masa ke masa. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018 ? 2) Bagaimana pelaksanaan Pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018 ? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tajwid dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Sukosari Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian field reseach (penelitian lapangan). Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive . Teknik pengumpulan data, menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles and Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa 1) Agar proses pembelajaran lebih terarah dan dapat meningkatkan kreatifitas guru dalam mengajar serta dapat memberikan hasil yang lebih maksimal serta efektif dan efisien guru harus menyiapakan perencanaan pembelajaran tajwid dalam meningkatkan kemampuan membaca dan menulis Al Qur’an pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso guru menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengacu pada silabus, menentukan tujuan pembelajaran, membuat instrumen penilaian. 2) Pelaksanaan Pembelajaran Tajwid Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Al Qur’an Pada Mata Pelajaran Al Qur’an Hadis di Mi Nurul Huda Nogosari Sukosari Bondowoso,Dalam proses belajar mengajar melaksanakan tiga poin penting yaitu membuka pelajaran, menyampaikan materi, dan menutup pelajaran. Tiga poin tersebut harus bisa dikuasai oleh guru agar proses belajar mengajar dapat belajar dengan lancar. 3) Evaluasi pada mata pelajaran Al Qur’an Hadis di MI Nurul Huda nogosar-sukosari- bondowoso menggunakan evaluasi formatif dan sumatif dan evaluasi tambahan yang mana pada evaluasi ini di lakukan agar dapat menilai tolak ukur kemampuan para siswa dalam memahami dan menguasai materi yang diajarkan dalam pembelajaran alquran hadits di MI Nurul Huda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22420

Actions (login required)

View Item View Item