Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Wulandari, Yatik Septi (2017) Implementasi Pembelajaran Tematik pada Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yatik Septi Wulandari_084134046.pdf

Download (38MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI untuk melaksanakan Kurikulum 2013 baik pada pembelajaran tematik maupun agama sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 481 tahun 2015 tentang Penetapan Madrasah Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian adalah :1) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam menentukan tema?, 2) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam prinsip penentuan tema?, 3) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam menetapkan jaringan tema?, 4) Bagaimana implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian adalah : 1) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam menentukan tema. 2) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam prinsip penentuan tema 3) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam menentapkan jaringan tema. 4) Mendiskripsikan problematika pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari tahun pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data secara interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu : koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitiannya adalah : 1) Implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam menentukan tema di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari yaitu tema tidak dibuat oleh guru bersama siswa dengan memperhatikan lingkungan siswa, karena tema telah di tentukan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dengan dikeluarkannya Permendikbud No 57 tahun 2014. 2) Implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam prinsip penentuan tema di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari dengan berdasarkan prinsip penentuan tema yang memperhatikan lingkungan siswa, melatih siswa untuk berfikir, dan sesuai dengan perkembangan, minat, dan kebutuhan siswa. 3) Implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari dalam menetapkan jaringan tema dilakukan dengan penginterasian jaringan tema dalam pelaksanaan pembelajaran tematik dan jaringan tema telah ada di buku pegangan guru. 4) Implementasi pembelajaran tematik pada kurikulum 2013 dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Jember, meliputi : kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130299 Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item View Item