Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA.Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2014/2015.

Sa'adah, Dyas Ulyas (2015) Implementasi Manajemen Humas Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih di MA.Ma’arif Ambulu Tahun Pelajaran 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Dyas Ulyas Sa’adah_084 113 077.pdf

Download (4MB)

Abstract

Manajemenhumasadalahhubungansekolahdenganmasyarakat, atausuatusarana yang cukupberperandalammenentukanusahamengadakanpembinaan, pertumbuhan, danperkembanganpesertadidik di sekolah.Ada suatukebutuhan yang samaantarakeduanya, baikdilihatdarisegiedukatifmaupunpsikologis. Hubunganantarasekolahdenganmasyarakatlebihdibutuhkandanlebihterasafungsiny akarenaadanyakecenderuanganperubahandalampendidikan yang menekankanperkembanganpribadidansosialanakmelaluipengalamanpengalamananakdibawahbimbingan guru, baik di luarmaupun di dalamsekolah. PenelitianinibertujuanuntukmengetahuiImplementasiManajemenHubunga nMasyarakatdalamMeningkatkanMinatBelajarSiswaPada Mata PelajaranFiqih.RumusanMasalah yang diajukanadalah: 1) Bagaimanakahperencanaan program humasdalammeninngkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaranfiqih di MA. Ma’arifAmbulu? 2) Bagaimanakahpelaksanaan program humasdalammeningkatkanminatbelajarsiswa di MA. Ma’arifAmbulu? 3) Bagaimanakahevaluasi program humasdalammeningkatkanminatbelajarsiswa di MA. Ma’arifAmbulu?Tujuanpenelitianiniadalah: 1) untukmendeskripsikanperencanaan program humasdalammeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaranfiqih di MA. Ma’arifAmbulu. 2) untukmendeskripsikanpelaksanaan program humasdalammeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaranfiqih di MA. Ma’arifAmbulu. 3) Untukmendeskripsikanevaluasi program humasdalammeningkatkanminatbelajarsiswa di MA. Ma’arifAmbulu. Metode yang digunakanpendekatankualitatifdanjenispenelitianlapangan.Lokasipenelitian di lembaga MA.Ma’arifAmbulukecamatanAmbulukabupatenJember. Adapunteknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianiniadalahobservasi, wawancara(interview), dandokumentasi. Analisis yang digunakanyaituanalisadeskriptifkualitatif, danadatigatahapanlangkah 1) Reduksi data. 2) Penyajian data. 3) Penarikankesimpulan. Selanjutnyacarapengujiankredibilitas data dalampenelitianinimenggunakantriangulasimaksudnyapengecekan data dariberbagaiteknikdenganberbagaicara, danberbagaiwaktu. Hasildari program yang telahdilaksanakanmanajemenhumas di MA.Ma’arifAmbuludapatdibantudaribantuan yang berupamateridan non materi, sehinggasekolahdapatmandiridalammengembangkankemajuanpendidikan di MA.Ma’arifAmbulu.Dalamsegiperencanaan program humasmembuat program istigosahsetiapbulansekaligiliranantarrumahsiswa, selainituwakahumasjugamelibatkanmasyarakatuntukmendukungadanyaperencana antersebut agar mutulembagasemakinlebihmaju.Sedangkandarisegipelaksanaanwakahumasmengg unakanstrategisendiriuntukmenggerakkananggota-anggotanya, dalampengadaanrapatbeliautidakhanyamengkutialurjalannyarapat, akantetapiberkontribusidalampemikirandankonsep. Memberikanarahankepadaanggotanyadanjugamemberikanarahankepada guru fiqihkhususnyadalammeningkatkanminatbelajardalammatapelajaranfiqih.Kemudia nuntukevaluasi program manajemenhumasdalammeningkatkanminatbelajarpadamatapelajaranfiqihinidapat dilihatdari guru yang mengampunya, ketika guru itumempunyaiberbagaimacamstrategimakasiswaterlihatjelassemangatantusiasbelaj ar.Begitujugasebaliknyaapabila guru memberikanstrategisecaramonotonataukehabisanmetode, makadampakkepadasiswakhususnyakelas XI akanmengalamikebosanandalambelajar.Pilihanpenelititerhadaplembagaini, karenalembagainiadabeberapa problem tentang proses pembelajaranyaitukurangnyaminatbelajarsiswapadamatapelajaranfiqih, jadiketikasiswaituberada di lingkunganrumahituminatbelajanyasangatmenurun. Tapiketika di sekolahminatbelajarsiswatersebutsangattinggi.Denganinipenelitiinginmengetahuib agaimanakah guru fiqihkhususnyauntukmeningkatkanminatbelajarsiswapadamatapelajaranfiqih.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item