Upaya Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akidah Akhlak dalam Mengelola Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017.

Chayat, Eka Islamiatul (2017) Upaya Pengurus Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Akidah Akhlak dalam Mengelola Pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Eka Islamiatul Chayat_084 131 163.pdf

Download (22MB)

Abstract

Pengelolaan pembelajaran di madrasah akan berhasil dan peserta didik mampu berprestasi tidak akan lepas dari peran para pendidiknya yang professional. Untuk dapat menjadikan guru bertugas sesuai dengan kinerja yang baik tidak lepas dari peran pengurus MGMP dalam memimpin, membimbing, dan mengarahkan para guru di lingkungan kerjanya. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan upaya pengurus MGMP Aqidah Akhlak dalam mengelola perencanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017 2) mendeskripsikan upaya pengurus MGMP Aqidah Akhlak dalam mengelola pelaksaanaan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017 3) mendeskripsikan upaya pengurus MGMP Aqidah Akhlak dalam mengelola evaluasi pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis yang bersifat deskriptif, menganalisis upaya pengurus MGMP Aqidah Akhlak dalam mengelola pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Babussalam Kemiri Puspo Kabupaten Pasuruan Tahun Ajaran 2016/2017. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) upaya pengurus MGMP Akidah Akhlak dalam mengelola perencanaan pembelajaran guru yaitu mengadakan pertemuan antar guru, membimbing guru dalam pembuatan Rencana Pekan Efektif (RPE), membimbing guru dalam pembuatan program tahunan dan program semester, membimbing guru dalam pembuatan silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), serta menyediakan buku-buku yang terkait dengan mata pelajaran Akidah Akhlak; 2) upaya pengurus MGMP dalam pelaksanaan pembelajaran menerapkan upaya monitoring pelaksanaan pembelajaran, mengadakan supervisi dengan teknik sewaktu-waktu mengadakan kunjungan sekolah, serta pembicaraan individual; 3) upaya pengurus MGMP Akidah Akhlak dalam mengelola evaluasi pembelajaran di MTs Babus Salam adalah mengadakan pertemuan untuk memberikan bimbingan mengenai pedoman evaluasi, membimbing guru dalam menganalisis dan menginterpretasikan hasil tes dan kunjungan sekolah untuk mengetahui sesuai tidaknya dengan pedoman yang ada pada pelaksanaan evaluasi pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:37
Last Modified: 13 Apr 2023 21:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22425

Actions (login required)

View Item View Item