Internalisasi Nilai-nilai Gender dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015.

Fitriyana, Ms (2015) Internalisasi Nilai-nilai Gender dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ms. Fitriyana_084 111 075.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kurikulum merupakan unsur utama bagi terlaksananya pengarusutamaan gender dalam bidang pendidikan. Dan pada dasarnya kurikulum menggambarkan dan menerjemahkan visi dan misi sebuah perguruan tinggi yang akan digunakan sebagai pedoman dalam kegiatan pembelajaran. Namun, realita yang ditemukan dalam pengarusutamaan gender dalam bidang di IAIN Jember belum terlaksana dengan baik khususnya pada saat proses pembelajaran dikelas. Oleh karena itu, mengangkat judul skripsi: “Internalisasi Nilai-nilai Gender dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015”. Fokus penelitian ini mengkaji 2 pembahasan yaitu: (1) Bagaimana Internalisasi Nilai-nilai Gender dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015; (2) Apa Hambatan-hambatan Internalisasi Nilainilai Gender dalam Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Jember Tahun Akademik 2014/2015. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, yaitu jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian ini di IAIN Jember. Penentuan informan menggunakan: teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan kualitatif deskriptif: data reduction, data display, dan verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Faktor pendukung dalam menginternalisasikan nilai-nilai gender dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam yaitu dengan menggunakan paradigma transformatif bahwa perempuan berbeda dengan lakilaki tetapi tidak untuk dibeda-bedakan dalam hal perlakuan. Dan perilaku manusia ditentukan oleh sebuah mindset; Internalisasi nilai-nilai gender dalam kurikulum PAI sudah dilakukan oleh beberapa dosen di jurusan Pendidikan Islam khususnya di program studi Pendidikan Agama Islam dengan memasukkan tema-tema gender dalam outine matakuliah dan menerapkan nilai-nilai kesetaraan gender dalam bentuk strategi pembelajaran yang bervariasi (2) Outline matakuliah yang di program studi Pendidikan Agama Islam selama ini belum ada keseragaman. Outline yang digunakan pada pembelajaran berdasarkan masing-masing dosen yang mengajar; Proses Internalisasi nilai-nilai gender dalam kurikulum Pendidikan Agama Islam, secara eksplisit tidak ada dalam matakuliah tetapi, internalisasinya sudah dilakukan dalam bentuk hidden curriculum pada saat menggunakan strategi pembelajaran dikelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22430

Actions (login required)

View Item View Item