Penerapan Metode One Day One Ayat Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember.

Khoirunnisa, Riza (2015) Penerapan Metode One Day One Ayat Dalam Menghafal Al-Qur’an Siswa Kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Riza Khoirunnisa_084 111 072.pdf

Download (7MB)

Abstract

Penguasaan teknik metode (One Day One Ayat) ODOA telah menunjukkan keajaiban kemampuan otak manusia. Program ini menjelaskan tentang metode menghafal satu hari satu ayat dengan bacaan tajwid dan makhorijul huruf yang tepat pula. Hafalan Al-Qur’an diterapkan untuk siswa MI agar menjadi manusia Qur’ani sejak dini. Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaiamana Perencanaan Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal AlQur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember ?; Bagaimana Pelaksanaan Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal Al- Qur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember; Bagaimana Evaluasi Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal AlQur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember? Tujuan penelitian ini:; untuk mendeskripsikan Perencanaan Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal AlQur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. ;untuk mendeskripsikan Pelaksanaan Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal Al- Qur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. ;untuk mendeskripsikan Evaluasi Penerapan Metode One Day One Ayat dalam Menghafal Al- Qur’an siswa kelas IV di MI Unggulan Riyadlul Qori’in Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Metode penelitian dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan dalam penelitian ini menggunakan sampel dan teknik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumenter. Analisis menggunakan tehnik kualitatif deskriptif. Adapun keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Kesimpulan secara khusus dapat disimpulkan bahwa Penyusunan perencanaan penerapan metode one day one ayat dilaksanakan dengan tiga langkah utama yaitu menentukan tujuan untuk memudahkan siswa dalam menghafal pada juz ‘amma membenarkan tajwid dan makhorijul huruf. Menentukan alokasi waktu dalam setiap tatap muka hanya 15 menit. Memberikan di target hafalan disusun dalam buku monitoring. Pelaksanaan penerapan dengan satu hari satu ayat ini disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Faktor pendukungnya faktor usia siswa yang masih kecil sehingga sangat tepat, minat dan motivasi siswa yang tinggi, perhatian guru untuk mendorong siswa. Faktor penghambatnya, siswa lebih senang bermain, kurang dapat mengatur waktu, dan perhatian orang tua yang kurang. Evaluasinya dengan langkah-langkah takrir hingga tasmi’ yakni menuliskan atau memperdengarkan kepada teman sekelasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22431

Actions (login required)

View Item View Item