Implementasi Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Desa Kelanceng Kecamatan Ajung Kabupaten Jember

Arifah, Ummu (2015) Implementasi Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Desa Kelanceng Kecamatan Ajung Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ummu ‘Arifah_084 111 070.pdf

Download (732kB)

Abstract

Madrasah diniyah adalah suatu lembaga pendidikan yang mana pembelajaran di dalamnya mengandung nilai-nilai agama islam yang tinggi dan juga madrasah diniyah tidak jauh beda dengan potensi pondok pesantren, madrasah diniyah suatu lembaga pendidikan yang sangat sederhana, pendidikan madrasah diniyah ini juga merupakaan pendidikan keagamaan, dalam UUSPN No. 20 Tahun 2003 Bab VI Pasal 30 ayat (1) menjelaskan: “pendidikan keagamaan diselenggarakan oleh pemerintah atau kelompok masyarakat dari pemeluk agama, sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Madrasah diniyah juga berkembang dari bentuknya yang sederhana yaitu pengajian di masjid- masjid, langgar, dan surau, dengan berawal dari bentuknya yang sederhana ini berkembang menjadi pondok pesantren”. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana pelaksanaan Kurikulum Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Santri Mahsiswa di Pondok Pesantern Ainul Yaqin Ajung Jember?. 2) Bagaimana Metode Pengajaran Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember?. 3) Bagaimana Evaluasi Hasil Belajar dalam Pendidikan Madarasah Diniayah untuk Santri Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainul Yaqin Ajung Jember?. Tujuan umum penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan pelaksanaan kurikulum pendidikan madrasah diniyah untuk mahasiswa di Pondok Pesantren Ainiul Yaqin Ajung Jember. 2) Mendeskripsikan metode pengajaran Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainiul Yaqin Ajung Jember. 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pendidikan Madrasah Diniyah untuk Mahasiswa di Pondok Pesantren Ainiul Yaqin, Ajung Jember. Mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif karena dalam penjabaran dari hasil penelitian ini berupa kata- kata tertulis tetapi brrsifat ilmiah dengan menggunakan sumber data manusia atau non manusia seperti dokumentasi dan kepustakaan. dan metode pngumpulan data yang digunakan adalah metode wawnacara, obsevasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analis yang mempunyai tiga kegiatan yaitu 1) Mereduksi data, 2) Penyajian dara, 3) Memverifikasi data. Untuk menguatkaan hasil penelitian digunakan keabsahan data triangulasi sumber. Hasil penelitian dan pengelolaan data yang telah dianalisis melalui metode di atas maka memliki kesimpulam yaitu pelaksanaan kurikulum dalam pendidikan madrasah diniyah untuk santri mahasiswa adalaah berbasis masyarakat, dan metode pengajarannya menggunakan metode klasik, modern dan gabuangaan dari keduanya antara klasik dan modern. Untuk mengetahui hasil belajara santri mahasiswa ustadz dan uztadzah melakukaan penilaian dari beberaapa aspek diantaraanya adalah: aspek kehadiran di kelas, keaktifan dalam kelas, akhlak dalam dan di luar kelas, nilai Ujian Tenagah Madrasah (UTM) dan (UAM).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22433

Actions (login required)

View Item View Item