Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Mengembangkan Sekolah Gratis Pondok Dalem Semboro Jember 2018/2019.

Astutik, Yeni (2019) Manajemen Pemasaran Pendidikan Dalam Mengembangkan Sekolah Gratis Pondok Dalem Semboro Jember 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yeni Astutik_084 143 122.pdf

Download (8MB)

Abstract

Pemasaran dimadrasah merupakan proses manajemen yang bertujuan untuk melakukan identifikasi dan memberikan kepuasan terhadap pelanggan dan masyarakat secara terus-menerus dan berkeimbangan. Dengan demikian, jelas bahwa pemasaran merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh madrasah untuk memberikan kepuasan kepada stakeholder dan masyarakat. dalam pengembangan sekolah gratis di MTs Al-Manar menggratiskan semua biaya seperti halnya SPP, termasuk biaya makan, dan kamar karena madrasah dalam naungan yayasan jadi tidak dipungut biaya sedikitpun Fokus penelitian diantaranya: 1) bagaimana perencanaan program pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem? 2) bagaimana pengorganisasian dan pelaksanaan pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem? dan 3) bagaimana pengendalian usaha pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan program pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem; 2) Mendeskripsikan pengorganisasian dan pelaksanaan pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem; dan 3) Mendskripssikan pengendalian usaha pemasaran pendidikan dalam mengembangkan sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitaif dengan jenis penelitian deskriptif dengan teknik penentuan subyek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data menggunakan observasi non partisipan, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles n Huberman langkah-langkahnya reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan trianggulasi teknik. Triangulasi sumber ialah untuk menguji kredibilitas data. Sedangkan triangulasi teknik yaitu penggunaan beragam teknik pengungkapan data yang dilakukan kepada sumber data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam rangka memprogram sekolah gratis di MTs Al-Manar Pondok Dalem Semboro adalah perlu adanya perencanaan yaitu membuat Rencana Kerja Madrasah (RKM); membentuk kepanitiaan atau panitia penerimaan siswa baru; analisis kebutuhan calon siswa, menentukan segmen pasar.Pengorganisasian dan pelaksanaan yaitu menyebar brosur, banner, spanduk; presentasi disekolah-sekolah target; promo ditiap-tiap acara. Danpengendalian yaitu melakukan evaluasi setiap tahun dan juga mnitoring setiap tiga bulan sekali terkait pemasaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22435

Actions (login required)

View Item View Item