"Analisis Bahan Ajar Qiraah pada Buku Bahasa Arab Kemenag RI 2020 Untuk Kelas XI MA dalam Perspektif Abdurrahman Ibrahim Al FauzanTriadi"

Wicaksono, Triadi and Fitriani, Nisa and Maulana, Asep (2022) "Analisis Bahan Ajar Qiraah pada Buku Bahasa Arab Kemenag RI 2020 Untuk Kelas XI MA dalam Perspektif Abdurrahman Ibrahim Al FauzanTriadi". Analisis Bahan Ajar Qiraah pada Buku Bahasa ArabKemenag RI 2020 Untuk Kelas XI MA dalamPerspektifAbdurrahman Ibrahim Al Fauzan, 07 (01). pp. 101-119. ISSN 2541-4410

[img] Text (Analisis Bahan Ajar Qiro'ah)
767 - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (3kB)
Official URL: http://jurnalftk.uinsby.ac.id/index.php/alfazuna/a...

Abstract

Purpose-Penelitian ini bertujuan untuk menganalisisbahan ajar Qiraah pada buku bahasa Arab MA kelas XI terbitan Kementerian Agama RI tahun 2020 secara rinci dan komprehensif dalam perspektif Abdurrahman Ibrahim Al Fauzan.
Design/Methodology/Approach-Penelitian ini menggunakan metode penelitian kepustakaan (library research). Di mana teknik pengumpulan data dilakukan melalui telaah terhadap berbagai buku, literatur, catatan, serta laporan yang berkaitan dengan masalah yang ingin dipecahkan.
Findings-Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar Qira’ah yang baik setidaknya memiliki tiga belas kriteria filosofis dan teknis menurut Abdurrahman Ibrahim Al Fauzan yaitu: komprehensif, terintegrasi, sinergi, dan simultan yang berarti bahwa bahan ajar mengajarkan bahasa beserta ketiga komponennya yaitu: fonem(ashwat), morfem(mufradat), dan struktur (taraakiib)juga meliputi empat keterampilan bahasa yaitu: menyimak (istima’), berbicara (kalam), membaca (qira’ah), dan menulis (kitabah). Adapun kriteria lainnya adalah bertahap (gradual), menggunakan bahasa arab fushha, berharakat, tanpa bahasa perantara, menggunakan budaya Arab dan Islam, pembahasan langsung, bervariasi dalam teks-teks bacaan, dibekali dengan evaluasi pembelajaran, menjadikan percakapan sebagai pengantar dan poros pembelajaran, memiliki lay out, desain, dan tampilan yang mumpuni, didukung oleh suplemen penunjang, serta telah teruji secara ilmiah.
Research Limitation/Implications-Penelitianini terbatas padabuku bahasa Arab MA kelas XI terbitan Kementerian Agama RI tahun 2020. Di samping itu penelitian ini masih bersifat teoritis tanpa adanya uji lapangan sebagai instrumen pembanding. Namun, penelitian ini dapat menjadi langkah awal dalam penilaian dan evaluasi bagi bahan ajar tersebut, apakah sudah berlandaskan pada hipotesis ilmiah ahli pembelajaran bahasa Arab yang berpengalaman atau belum.
Kata Kunci: Kriteria; Buku Ajar Qira’ah; Abdurrahman Ibrahim Al Fauzan

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kriteria; Buku Ajar Qira’ah; Abdurrahman Ibrahim Al Fauzan
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021403 Maharat al-Qira'ah (Reading Skill)
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130214 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy > 13021499 Teaching Arabic as a Foreign Language (Ta'lim al-'Arabiyah Lighairi al-Nathiqin Biha) Curriculum and Pedagogy not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Mr Asep Maulana
Date Deposited: 13 Apr 2023 05:09
Last Modified: 13 Apr 2023 05:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22436

Actions (login required)

View Item View Item