Implementasi Program Pendidikan Karakter Dalam Menanamkan Sikap Toleransi di TK Kartini 07 Karetan Banyuwangi

Guswan Azizah, Shintya Ajeng (2023) Implementasi Program Pendidikan Karakter Dalam Menanamkan Sikap Toleransi di TK Kartini 07 Karetan Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI SHINTYA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Shintya Ajeng Guswan Azizah,2023:”Implementasi Program Pendidikan Karakter
Dalam Menanamkan Sikap Toleransi di TK Kartini 07 Karetan Banyuwangi”
Kata kunci : Implementasi Program Pendidikan Karakter, Sikap Toleransi
Intoleransi di Indonesia saat ini menjadi persoalan yang cukup mengkhawatirkan bagi masyarakat dan juga pemerintah, seperti yang banyak orang ketahui bahwa Indonesia memiliki agama dan budaya yang yang sangat beragam, maka Lembaga dituntut untuk menerapkan program pendidikan karakter dalam penanaman sikap toleransi sejak dini agar generasi penerus dapat menanamkan jiwa toleransi, dan kelak dapat mengimplementasikannya dengan baik. Penanaman nilai- nilai solidaritas, kerukunan antar umat beragama melalui pendidikan merupakan cara yang efektif dan tepat, sehingga perlu adanya Implementasi Program Pendidikan Karakter Dalam Menanamkan Sikap Toleransi.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana implementasi program Pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi di TK Kartini 07 Karetan Banyuwangi 2). Apa saja faktor pendukung dan penghambat implementasi program Pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi di TK Kartini 07 Karetan Banyuwangi
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan Langkah- langkah: 1) Kondensasi data 2) Penyajian data 3) Kesimpulan, Penarikan/Verifikasi. Metode keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Implementasi program Pendidikan karakter dalam menanamkan sikap toleransi meliputi 3 tahap yaitu: tahapan awal yang dilakukan kepala sekolah yakni penyusunan strategi yang berupa perencanaan dengan pelaksaaan rapat serta membuat keputusan, penyusunan visi & misi guna tercapainya tujuan yang ditentukan kemudian Implementasi dengan melaksanakan pembelajaran agama setiap hari jumat sesuai dengan keputusan yang telah di tetapkan serta memakai pakaian dari agamanya masing-masing, berkunjung ke rumah siswa yang sedang merayakan hari besar agama lalu tahap terakhir yakni Evaluasi dengan melakukan pengawasan kemudian memberi penilaian atas keberhasilan ataupun kegagalan pelaksanaan implementasi oleh pendidik kemudian ditindak lanjuti dengan memberi tambahan atau masukan ke pendidik apabila penerapanya kurang tepat 2). Faktor pendukung meliputi: motivasi dari lingkungan keluarga yang sangat berpengaruh dan fasilitas sekolah seperti poster, gambar, dll, faktor penghambat meliputi: perbedaan latar belakang karakter dan sikap siswa yang dapat mengganggu jalannya pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: shintya aj shintya shintya ajeng
Date Deposited: 13 Apr 2023 04:18
Last Modified: 13 Apr 2023 04:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

View Item View Item