Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Aktivitas Manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember Tahun 2016/2017

Felani, Adzkia Ghilban (2017) Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader dalam Aktivitas Manajerial di Madrasah Ibtidaiyah Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember Tahun 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Adzkia Ghilban Felani_084 123 048.pdf

Download (4MB)

Abstract

Peran kepala madrasah merupakan kunci keberhasilan yang harus menaruh perhatian tentang apa yang terjadi pada peserta didik di madrasah. Kepala madrasah dituntut untuk senantiasa berusaha membina dan mengembangkan kerja sama yang baik antara warga madrasah dan komite madrasah guna mewujudkan program madrasah yang efektif dan efisien. Kepala madrasah sebagai leader yaitu pemimpin madrasah dalam rangka pendayagunaan sumber daya madrasah secara optimal, serta berkemampuan melaksanakan visi dan misi madrasah, mampu memberikan petunjuk dan pengawasan. Fokus penelitian skripsi ini adalah: (1) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Menyusun Perencanaan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember ? (2) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Pengorganisasian di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember ? (3) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Penggerakan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember ? (4) Bagaimana Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Pengawasan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Peran Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Aktivitas Manajerial di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember. Untuk menjawab tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dan jenis penelitian lapangan (field riserch). Adapun pengumpulan data menggunakan metode observasi partisipatif, wawancara bebas tempimpin (semi terstruktur), dan dokumentasi. Dapat disimpulkan bahwa, (1) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam perencanaan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember yaitu pertama, Kepala madrasah membentuk tim pengembang madrasah, kedua, Tim pengembang madrasah menyusun perencanaan kegiatan sesuai dengan standart operasional prosedur. (2) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam pengorganisasian di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember yaitu Pertama, Kepala madrasah bersama TPM menyusun struktur madrasah, Kedua, Mempersiapkan pedoman SOP sebagai alat acuan pelaksanaan. (3) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam penggerakan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember yaitu Pertama, Kepala madrasah memberikan motivasi kepada setiap anggota TPM, Kedua, Kepala madrasah beserta anggota TPM melaksanakan rapat koordinasi pelaksanaan kegiatan. (4) Peran kepala madrasah sebagai leader dalam pengawasan di MI Raudlatul Ulum Glagahwero Panti Jember yaitu pertama, Kepala madrasah melihat langsung anggota TPM dalam melaksanakan tugasnya, Kedua, Kepala madrasah mengadakan rapat seminggu sekali untuk melakukan pengawasan dengan bertannya langsung kepada anggota TPM.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:38
Last Modified: 13 Apr 2023 21:38
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22446

Actions (login required)

View Item View Item