Wahyuni, Eka (2017) Bimbingan Belajar Siswa Kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Eka Wahyuni_084134008.pdf Download (7MB) |
Abstract
Anak-anak masih menganggap bahwa kegiatan belajar merupakan kegiatan yang membosankan, karena siswa harus dituntut baik orang tua maupun guru untuk selalu belajar dan mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru. Keluhan yang dikemukakan tersebut dapat menjadi hambatan ataupun kesulitan dalam belajar. Jika kesulitan tidak dapat tertangani dengan baik maka akan menjadikan masalah-masalah belajar. Untuk menyikapi hal tersebut Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari memberikan bimbingan belajar siswa kelas VI karena sebentar lagi akan menghadapi ujian madrasah. Bimbingan belajar diberikan dalam upaya mengatasi berbagai macam karakteristik siswa dalam hal masalah-masalah belajar seperti: keterlambatan akademik, kecepatan dalam belajar, sangat lambat dalam belajar, kurang motivasi dan kebiasaan buruk dalam belajar. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka fokus penelitian ini adalah:1) Bagaimana perencanaan bimbingan belajar siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?,2) Bagaimana pelaksanaan bimbingan belajar kelas siswa VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018?,3) Bagaimana evaluasi bimbingan belajar siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan bimbingan belajar siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan belajar siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan evaluasi bimbingan belajar siswa kelas VI di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Athhar Kebonsari Benculuk Banyuwangi Tahun Pelajaran 2017/2018. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi metode dan triangulasi waktu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bimbingan belajar bertujuan untuk keberhasilan anak-anak dibidang prestasi akademik, rohani dan spiritual. Materi bimbingan belajaran diantaranya materi pelajaran umum, materi diniyah dan bimbingan spriritual. 2) Bimbingan belajar dilaksanakan setelah jam sekolah yaitu sekitar pukul 13.00 sampai 14.00, pendalaman materi pendalaman latihan soal-soal ujian pada materi pelajaran umum seperti: Bahasa Indonesia, Matematika dan IPA dan materi tambahan Bimbingan Akhlak dan Etika Belajar dan siswa dibekali bimbingan spiritual melalui kegiatan keagamaan tahlil dan istighosah. 3) Evaluasi bimbingan belajar diberikan setelah kegiatan bimbingan belajar selesai, melalui kegiatan pengajaran perbaikan dan pengayaan. Evaluasi yang diberikan yaitu evalusi siswa dan evaluasi hasil.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Retno Amelia |
Date Deposited: | 13 Apr 2023 21:39 |
Last Modified: | 13 Apr 2023 21:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22451 |
Actions (login required)
View Item |