Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017

Rohmah, Laylatur (2017) Implementasi Pendekatan Saintifik Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Fiqih Kelas V Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016 / 2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Laylatur Rohmah_084134078.pdf

Download (8MB)

Abstract

Proses pembelajaran pada kurikulum 2013 untuk semua jenjang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan ilmiah (saintifik). langkah-langkah proses sains yaitu mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan sehingga siswa menjadi lebih mandiri. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Jember?. 2. Bagaimana pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Jember?. 3. Bagaimana penilaian pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Jember?. Tujuan dari penelitian ini sebagai berikut: 1. Mendeskripsikan perencanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di MIN Arjasa Jember. 2. Mendeskripsikan pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di MIN Arjasa Jember. 3. mendeskripsikan penilaian pendekatan saintifik kurikulum 2013 pada pembelajaran fiqih kelas V di MIN Arjasa Jember. Pendekatan penelitian yang digunakan kualitatif deskriptif, jenis penelitian field research, penentuan subjek penelitian menggunakan purposive, teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan teknik interaktif model Miles dan Huberman, dengan langkah-langkah yaitu: koleksi data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Perencanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di MIN Arjasa Jember yang dilakukan oleh guru dan peserta didik dapat membantu proses pelaksanaan pembelajaran menjadi lebih efektif dan efisien, guru merencanakan kegiatan pembelajaran dengan menyiapkan RPP yang berpedoman kepada silabus yang sudah ada, media sesuai dengan materi, sumber belajar yaitu buku paket Kurikulum 2013 untuk guru dan peserta didik yang sudah disediakan oleh MIN Arjasa Jember. 2. Pelaksanaan pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di MIN Arjasa Jember guru menerapkan kegiatan pendekatan saintifik dari kegiatan mengamati dengan mendengarkan penjelasan guru, melihat video, dan membaca buku paket; kegiatan menanya dari guru dan siswa; kegiatan mencoba/mengumpulkan informasi dari teman dan guru agama lainnya; kegiatan mengasosiasi dengan menganalisis dari pernyataan peserta didik; kegiatan mengkomunikasikkan dengan lisan dari perwakilan atau perorangan. 3. Penilaian pendekatan saintifik kurikulum 2013 dalam pembelajaran fiqih kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Jember yaitu guru menilai kemampuan peserta didik dengan cara menilai waktu proses pembelajaran dengan seorang guru fiqih mengamati peserta didik secara langsung dalam proses pembelajaran dan merefleksi peserta didik ketika berada di Madrasah. Tidak hanya dari penilaian proses melainkan juga dari menilai hasil pembelajaran melalui tes lisan maupun tes tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item