Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Argumentasi Dosen dan Mahasiswa IAIN Jember Tentang Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Thailand

Kholifah, Shoimatul (2015) Peningkatan Motivasi Belajar Mahasiswa Melalui Argumentasi Dosen dan Mahasiswa IAIN Jember Tentang Program Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) II Thailand. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Shoimatul Kholifah_084 111 071.pdf

Download (3MB)

Abstract

Program PPL II Thailand merupakan salah satu upaya IAIN Jember dalam rangka meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, dan merupakan media bagi dosen untuk memberikan dorongan-dorongan kepada mahasiswa untuk lebih giat dalam belajar. Begitupun dengan mahasiswa, program PPL II Thailand ini menjadi motivasi tersendiri untuk lebih meningkatkan pengetahuan, pengalaman, dan prestasi selain dari bangku perkuliahan. Namun, adanya program PPL II Thailand ini kurang diminati oleh sebagian besar mahasiswa. Hal ini dapat diketahui dari antusias mahasiswa yang sangat rendah untuk mengikuti seleksi. Berdasarkan latar belakang di atas, maka dapat dirumuskan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi dosen IAIN Jember tentang program PPL II Thailand? 2) Bagaimana peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi mahasiswa IAIN Jember tentang program PPL II Thailand? Tujuan penelitian ini sebagai berikut: 1) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi dosen IAIN Jember tentang program PPL II Thailand. 2) Untuk mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi mahasiswa IAIN Jember tentang program PPL II Thailand. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dan jenis penelitian lapangan (field research). Sedangkan dalam menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data dalam skripsi ini menggunakan deskriptif kualitatif, melalui tiga cara yaitu reduksi data, penyajian data dan dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, 1) Peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi dosen tentang program PPL II Thailand dapat memberikan apresiasi, karena merupakan suatu kemajuan konstruktif yang akan meningkatkan kualitas lembaga dan dapat meningkatkan motivasi yang ada dalam diri mahasiswa. Bentuk kongkrit motivasi yang diberikan oleh dosen kepada mahasiswa berupa informasi, dukungan, dan himbauan. 2) Peningkatan motivasi belajar mahasiswa melalui argumentasi mahasiswa tentang program PPL II Thailand banyak memberikan motivasi belajar kepada mahasiswa IAIN Jember. Diantaranya berupa hasrat, minat, dan tujuan untuk mengikuti program PPL II Thailand.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22458

Actions (login required)

View Item View Item