Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Autis Di Madrasah Ibtidaiyah al-Ma’arif 02 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017

Nazilah, Siti Ukhtin (2017) Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Autis Di Madrasah Ibtidaiyah al-Ma’arif 02 Jombang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Siti Ukhtin Nazilah_084 134 053.pdf

Download (5MB)

Abstract

Autis merupakan salah satu bentuk gangguan tumbuh kembang, akibat adanya kelainan saraf-saraf tertentu yang menyebabkan fungsi otak tidak bekerja secara normal sehingga mempengaruhi tumbuh kembang, kemampuan komunikasi, dan kemampuan interaksi seseorang. Peningkatan prestasi belajar siswa autis adalah upaya yang dilakukan oleh seorang guru untuk membuat peserta didik menjadi lebih menguasai pengetahuan atau ketrampilan yang dikembangkan melalui segi aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa autis dalam aspek kognitif di Madrasah Ibtidaiyah al-Ma’arif 02 Jombang kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017? 2) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa autis dalam aspek afektif di Madrasah Ibtidaiyah al-Ma’arif 02 Jombang kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017? 3) Bagaimana peningkatan prestasi belajar siswa autis dalam aspek psikomotorik di Madrasah Ibtidaiyah al-Ma’arif 02 Jombang kabupaten Jember tahun pelajaran 2016/2017? Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, penentuan subjek penelitian menggunakan informan diantaranya: Kepala Sekolah, Guru kelas dan Orang Tua siswa autis. Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif yang terdiri dari tiga alur kegiatan yang terjadi secara bersamaan yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Dalam keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan teknik triangulasi sumber. Dari hasil penelitian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa (1) Terdapat kelas khusus bagi siswa autis. Guru mengadakan kegiatan hafalan Alqur’an jus 30. Dalam memberikan materi guru memilih materi yang lebih mudah serta menggunakan media pembelajaran yang berkaitan dengan materi pembelajaran. Dalam proses pembelajaran metode yang digunakan sama dengan siswa yang normal yaitu menggunakan metode ceramah. Hasilnya yaitu salah satu siswa autis dapat meraih peringkat 3 pada kelas regular dan dapat menghafal AlQur’an jus 30 serta surat-surat pilihan. (2) Untuk meningkatkannya guru melakukan pendekatan kepada siswa autis dan lebih telaten ketika menyampaikan materi pembelajaran. Guru juga memberikan contoh dalam bersikap baik kepada semua orang. Hasilnya yaitu siswa autis dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan baik kepada guru, teman-teman, dan keluarganya. (3) Mengadakan kegiatan-kegiatan yang sama seperti siswa normal pada umumnya seperti senam bersama, membuat ketrampilan, dan olahraga namun tidak semua kegiatan olahraga dapat diikuti siswa autis melainkan olahraga yang ringan. Hasilnya siswa autis mampu mengikuti kegiatan yang telah dicontohkan. Siswa autis sudah mau melakukan aktivitas di rumah, misalkan membantu orangtuanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22459

Actions (login required)

View Item View Item