Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah (Tabah) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada LembagaKSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso

Asih, Rusmini (2021) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Mudharabah (Tabah) Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada LembagaKSPP. Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Rusmini Asih_E20171063.pdf

Download (8MB)

Abstract

Sebagai salah satu lembaga keuangan syari’ah, BMT dipercaya lebih mempunyai peluang untuk berkembang dibandingkan dengan lembaga keuangan lain yang beroperasi secara konvensional. Meskipun untuk mencapai tujuan itu diperlukan keja keras untuk mewujudkannya. Namun, Disamping itu BMT mampu menciptakan starategi pemasaran yang bagus agar dapat meningkatkan jumlah nasabahnya. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso dalam memasarkan produk-produknya, Apa saja faktor-faktor yang dapat membantu peningkatan jumlah nasabah dari strategi pemasaran yang dilakukan KSPP. Syariah BMT NU JATIM Cabang Wringin Bondowoso, Apa aja faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran Di KSPP. Syariah BMT NU JATIM Cabang Wringin Bondowoso dalam meningkatkan jumlah nasabahnya.” Tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui Bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan KSPP Syariah BMT NU Jawa Timur Cabang Wringin Bondowoso dalam memasarkan produk-produknya, Apa saja faktor-faktor yang dapat membantu peningkatan jumlah nasabah dari strategi pemasaran yang dilakukan KSPP. Syariah BMT NU JATIM Cabang Wringin Bondowoso, Apa aja faktor pendukung dan penghambat strategi pemasaran Di KSPP. Syariah BMT NU JATIM Cabang Wringin Bondowoso dalam meningkatkan jumlah nasabahnya Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bersifat descriptive dengan menggunakan jenis penelitia field research. Teknik pengumpulan data: observasi, interview, dokumentasi. Subyek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun analisis datanya menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan untuk menguji keabsahan datanya menggunakan Triangulasi Sumber yaitu mengecek data yang telah diperoleh melalui beberapa sumber. Berdasarkan hasil temuan data, penelitian ini dapat menyimpulkan bahwa strategi pemasaran produk tabungan mudharabah (Tabah) dalam meningkatkan jumlah nasabah pada lembaga BMT NU JATIM Cabang Wringin Bondowoso menggunakan bauran pemasaran 7P & 1C yaitu product, price, place, promotion, people, process, physical evidence dan Custumer Service. Dimana pihak BMT NU memasarkan produk tabungan mudharabahnya melewati promosi (Promotion) dengan penyebaran brosur dengan melakukan door to door ke rumah nasabah atau instansi-instansi dan juga adanya sistem jemput bola yang dapat memudahkan nasabah. BMT NU selalu memperhatikan kepuasan nasabah juga, kualitas pelayanan, guna menciptakan loyalitas pelanggan. Karena apabila nasabah puas maka nasabaha kan loyal.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 15 Jun 2021 07:21
Last Modified: 15 Jun 2021 07:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/2246

Actions (login required)

View Item View Item