Urgensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014

Fitrianingsih, St Yunika (2015) Urgensi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
St Yunika Fitriyaningsih_084 101 281.pdf

Download (1MB)

Abstract

Urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan yang dimaksud disini adalah peran kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan, dalam hal ini kualitas pendidik dan peserta didik. Kepala sekolah berperan untuk meningkatkan kualitas pendidik yang selanjutnya kualitas pendidik akan berhubungan langsung dengan peserta didik. Berdasarkan konteks penelitian tersebut diatas, maka fokus utama penelitian ini adalah: Bagaimana Urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun pelajaran 2013/2014? Sedangkan Sub Fokus Penelitian a) Bagaimana urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidik? b) Bagaimana urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas peserta didik di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan Umum dari penelitian Ingin Mendiskripsikan Urgensi sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun pelajaran 2013/2014 sedangkan Tujuan Khusus a). Ingin mendiskripsikan urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidik. b). Ingin Mendiskripsikan Urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas peserta didik di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014. Untuk mencapai tujuan penelitian maka metode yang digunakan adalah dengan Pendekatan kualitatif Diskriptif, dengan jenis penelitian menggunakan studi kasus tunggal. Data dan Sumber Data berupa Data primer dan data sekunder sedangkan key informan dalam penelitian ini guru dan kepala sekolah.Tekhnik Pengumpulan Data yaitu menggunakan (1) wawancara; (2) observasi;dan (3) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif (berupa kata-kata bukan angka). Menggunakan tiga langkah, yaitu; reduksi data, penyajian data; dan penarikan kesimpulan sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, pertama, urgensi kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui: Optimalisasi administrasi sekolah, menambah guru, memberikan diklat, mengembangkan pembelajaran berbasis ICT, berlangganan koran dan buletin, melengkapi sarana prasarana, alat peraga dan lain sebagainya, menyusun rencana pengembangan sekolah (RPS) dan Melaksanakan supervisi akademik, kedua, urgensi sekolah dalam meningkatkan kualitas peserta didik di SDN Pondokdalem 01 Semboro Jember Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui: Memaksimalkan kegiatan KBM, melengkapi sarana dan prasarana pembelajaran, mensinergikam teori dan praktek dalam pembelajaran, memberikan pendidikan karakter, penerapan PAIKEM, penerapan metode modern, penggunaan pembelajaran berbasis IT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22462

Actions (login required)

View Item View Item