Implementasi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Krai Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018

Sari, Yuli Puspita (2017) Implementasi Pembelajaran Kooperatif Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Krai Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Yuli Puspita Sari_084 134 059.pdf

Download (11MB)

Abstract

Guru sebagai pendidik yang profesional harus mampu menyiapkan proses pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung. Untuk itulah guru harus mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga siswa dapat termotivasi semangat dalam belajar dan menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Maka dari itu, Pembelajaran kooperatif berpengaruh pada sikap-sikap positif siswa terhadap teman-temannya meskipun mereka berasal dari kebudayaan dan latar belakang sosial yang beragam serta memiliki kebutuhan - kebutuhan khusus. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian ini adalah: 1) bagaiamana implementasi pembelajaran kooperatif model STAD?, 2) bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif model TGT?, 3) bagaimana implementasi pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran IPS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Krai Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018?. Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendiskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model STAD, 2) mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model TGT, 3) mendeskripsikan implementasi pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran IPS di kelas V Madrasah Ibtidaiyah Nurul Islam Krai Yosowilangun Lumajang Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah: kualitatif dan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Metode Pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan tehnik analisis data deskripstif, dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber. Hasil penelitian ini adalah: 1) Implementasi pembelajaran kooperatif model STAD pada mata pelajaran IPS di kelas V menggunakan tiga tahap yaitu a) perencanaan, menyiapkan RPP, menyiapkan media pembelajaran berupa materi, papan tulis, penghapus dan spidol. b) pelaksanaan dilakukan pada pertemuan ke II pada KD 1.1 meliputi kegiatan awal, inti dan akhir. c) evaluasi menggunakan tes tertulis yaitu siswa diberi pertanyaan. 2) Implementasi pembelajaran kooperatif model TGT pada mata pelajaran IPS di kelas V menggunakan tiga tahap a) perencanaan, membuat RPP, dan menyiapkan materi. b) pelaksanaan dilakukan pada pertemuan ke III KD 1.1 yang meliputi kegiatan awal, inti dan akhir. c) evaluasi menggunakan tes yaitu tes tertulis siswa menjawab soal, dan non tes siswa menjawab kuis pada saat permainan game. 3) Implementasi pembelajaran kooperatif model NHT pada mata pelajaran IPS di kelas V menggunakan tiga tahap a) perencanaan, membuat RPP, menyiapkan media seperti nomor kepala yang berwarna-warni, dan menyiapkan metode. b) pelaksanaan dilakukan pada pertemuan ke I KD 1.2 meliputi kegiatan awal, inti dan akhir. c) evaluasi menggunakan tes tertulis yaitu siswa menjawab pertanyaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Retno Amelia
Date Deposited: 13 Apr 2023 21:39
Last Modified: 13 Apr 2023 21:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22463

Actions (login required)

View Item View Item