Hidayat, Rofiq and Husnan, Riayatul NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA PADA AYAT�AYAT ALQURAN DALAM BUKU AJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI UNTUK SMA/SMK EDISI REVISI 2019. [Laporan Penelitian] (Unpublished)
Text
LAPORAN PENELITIAN SBKU LPMA 2021 (ROFIQ HIDAYAT IAIN JEMBER) NILAI MODERASI BERAGAMA PADA AYAT ALQURAN DI BUKU PAI SMA-SMK.pdf Download (3MB) |
Abstract
Radikalisme menjadi salah satu paham yang menghantui di Indonesia. Namun maraknya
aksi terorisme yang dilakukan para pemuda memang berawal dari kurangnya sumber ajar yang
toleran dan tidak terstruktur ke dalam kurikulum. Kementerian Agama memiliki tugas untuk
mengurangi itu dengan mencanangkan Gerakan moderasi beragama di semua Lembaga
Pendidikan sejak dini. Sejak tahun 2019, Kementerian Agama mendapat amanat untuk
menerbitkan seluruh Buku Ajar PAI dan Budi Pekerti untuk SMA. Melalui penelitian ini kajian
terhadap buku ajar tersebut perlu dilakukan untuk memastikan sejauh mana nilai-nilai moderasi
benar-benar diterapkan pada buku ajar tersebut.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan nilai-nilai prinsip moderasi
beragama (adil dan berimbang) dalam ayat-ayat Al Quran pada buku ajar PAI dan Budi Pekerti
untuk SMA/SMK edisi revisi 2019 dan untuk mendeskripsikan nilai-nilai indikator moderasi
beragama (komitmen kebangsaan, toleransi, anti-kekerasan, dan akomodatif terhadap
kebudayaan lokal) dalam ayat-ayat Al Quran pada buku ajar PAI dan Budi Pekerti untuk
SMA/SMK edisi revisi 2019.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan pendekatan
penelitian kualitatif melalui library research.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1), Dari total 477 ayat pada buku ajar PAI dan
Budi Pekerti kelas X, XI, dan XII total terdapat 109 ayat (22,85% dari total ayat) yang memuat
prinsip moderasi beragama adil dan 73 ayat (15,3% dari total ayat) yang memuat prinsip
moderasi beragama berimbang, 2). Dari total 477 ayat pada buku ajar PAI dan Budi Pekerti kelas
X, XI, dan XII total terdapat 2 ayat (0,41% dari total ayat) yang memuat indikator moderasi
beragama komitmen kebangsaan, 33 ayat (6,91% dari total ayat) yang memuat indikator
moderasi beragama toleransi, 34 ayat (7,6% dari total ayat) yang memuat indikator moderasi
beragama anti-kekerasan dan 1 ayat (0,21% dari total ayat) ayat yang memuat prinsip moderasi
beragama komitmen budaya lokal
Item Type: | Laporan Penelitian |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Rofiq Hidayat |
Date Deposited: | 15 Apr 2023 13:04 |
Last Modified: | 15 Apr 2023 13:04 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/22464 |
Actions (login required)
View Item |